Durian merupakan salah satu jenis buah yang memiliki penggemar cukup banyak di Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia.  Buah yang memiliki aroma khas yang menyengat ini, merupakan salah satu buah favorit semua kalangan. Meski menjadi salah satu buah favorit, ternyata Durian juga memiliki mitos di kalangan masyarakat loh, khususnya Indonesia. Mitos ini menyebutkan bahwa wanita yang sedang hamil di larang untuk mengkonsumsi buah durian. Benarkah demikian?

Mitos yang tersebar di kalangan wanita hamil ialah bahaya mengkonsumsi durian dalam kondisi hamil. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa dengan makan durian akan membahayakan kondisi janin yang sedang di kandung. Benarkah durian berbahaya bagi janin?

Melansir dari hellosehat.com, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa durian berbahaya bagi wanita hamil. Dalam hal ini bukan berarti wanita hamil bisa dengan bebas dan sepuasnya mengkonsumsi durian loh ya. Boleh saja mengkonsumsi durian dalam kondisi hamil, namun yang perlu diperhatikan adalah jumlahnya yang tidak berlebihan.

Menurut Dr. Gordon Lim, yang merupakan seorang ahli kandungan dan Dr. Patrick Chia seorang ahli perinatologi mengatakan, sebaiknya wanita hamil tidak mengkonsumsi durian secara berlebihan. Lalu apakah yang akan terjadi jika wanita hamil terlalu banyak mengkonsumsi durian? Berikut ini adalah gejala yang mungkin akan timbul jika terlalu banyak mengkonsumsi durian bagi wanita hamil

  • Meningkatkan Gula Darah

Durian merupakan salah satu buah yang memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh British Journal of Obstetrics and Gynaecology, terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi, akan mengakibatkan resiko bayi lahir dalam keadaan terlalu berat dan besar. Bahkan dapat mengakibatkan obesitas pada bayi di masa pertumbuhannya kelak. Bagi calon Ibu yang memiliki diabetes sebaiknya hindari buah durian.

  • Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Dalam sebutir buah durian terkandung kalori sejumlah 54 hingga 60. Sehingga bagi wanita hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi durian akan membuat si calon ibu kelebihan kalori, yang akan berujung pada kelebihan berat badan dan obesitas. Jika sudah mengalami hal tersebut, gejala dan masalah baru akan timbul dan berdampak pada janin yang di kandung. Janin yang berada dalam kandungan bisa saja mengalami kelahiran prematur. Maka dari itu janganlah melampau dan berlebihan dalam mengkonsumsi durian ya.

Meski dianggap sebagai buah yang perlu di hindari, faktanya buah durian memiliki khasiat dan manfaat loh bagi wanita hamil. Buah durian ternyata mengandung banyak kalium yang bermanfaat bagi wanita hamil.

Kandungan kalium ini nantinya akan berfungsi sebagai penyeimbang tekanan darah dan kadar cairan dalam tubuh. Selain itu, kandungan kalium juga berfungsi untuk mengurangi pembengkakan yang kerap melanda wanita hamil.

Jadi, berbahayakah durian bagi wanita hamil? Jawabannya adalah tidak berbahaya asal masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here