Pertengkaran dalam sebuah hubungan memang sepatutnya tidak terjadi dan perlu dihindari. Namun, bagaimana jadinya jika pertengkaran tersebut sudah tidak bisa terbendung lagi? Luapan emosi, caci maki, tuduhan dan juga hasrat untuk membalas pun akan dengan sendirinya mengalir di darah. Apakah dengan bertengkar dan saling meluapkan emosi bermanfaat bagi suatu hubungan? Tentu saja jawabannya bisa bermanfaat bagi kamu yang sering bertengkar dengan si dia.

Setiap pasangan bukan hanya memiliki kisah manis yang menyenangkan saja. Ada hal kecil yang kerap kali terjadi dalam suatu hubungan seperti pertengkaran kecil. Dalam pertengkaran yang terjadi antara kamu dan si dia, beberapa manfaat dibawah ini akibat pertengkaran mungkin bisa membuat kamu dan si dia segera sadar dan memperbaiki diri masing-masing. Yuk simak beragam manfaat pertengkaran dalam suatu hubungan.

  • Belajar menjadi lebih dewasa

Kamu dan si dia mungkin berusaha keras untuk tidak bertengkar meski hal sekecil apapun mencoba menerpa hubungan kalian. Namun, dengan bertengkar kamu dan si dia akan menjadi pendengar yang baik satu sama lain yang nantinya akan menjadikan kalian semakin dewasa.

Baca Juga:5 Rekomendasi Tekape Paling Jitu Buat Bilang ‘..Kita Putus’

Dengan bertengkar, kamu dan si dia akan memasuki fase baru dalam suatu hubungan, terlebih bagi hubungan tingkat serius. Meski banyak pepatah yang kerap kali menyebutkan ‘usia tidak menentukan kedewasaan seseorang’, namun ada baiknya jika menjadi dewasa setelah bertengkar itu patut dipertimbangkan.

  • Mengerti keinginan satu sama lain

Jika dalam suatu hubungan hanya dijalani tanpa perselisihan rasanya hubungan tersebut tidak memiliki tantangan yang berarti. Dengan bertengkar dan cekcok yang dialami, kamu dan si dia akan saling mengetahui keinginan satu sama lain. Dengan begitu, hubungan kamu dan si dia jadi semakin kuat dan memiliki rasa toleransi yang lebih besar kepada pasangan.

  • Meluapkan emosi yang terpendam

Secara tidak sadar maupun secara sadar, perdebatan akibat pertengkaran dapat membuat kamu atau si dia meluapkan emosi yang terpendam loh. Dengan meluapkan emosi mu ketika bertengkar, rasa beban dan stress yang sempat mengganggu pikiran mu seolah akan luntur secara perlahan. Tak mengapa jika kamu ingin meluapkan emosi yang terpendam, tetapi setelahnya jangan lagi ada dendam ya.

  • Menguatkan hubungan

Hal terpenting yang bisa diambil dari pertengkaran ialah menguatkan hubungan yang kerap kali di uji dengan masalah. Cekcok, perselisihan hingga saling adu otot tak mau kalah pun bisa menyadarkan kamu dan si dia dengan arti penting suatu hubungan. Ada sebuah kalimat yang kerap kali terlontar ketika pertengkaran melanda suatu hubungan, ‘kalau belum berantem berati hubungannya belum kuat’. Mungkin istilah kalimat tersebut ada benarnya.

Membuat satu sama lain sadar dengan kesalahan setelah pertengkaran akan membuat kamu dan si dia semakin sadar dari berharganya dan kuatnya hubungan dalam menghadapi masalah. Tapi bukan berarti harus bertengkar terus ya!

Beragam manfaat dari pertengkaran diatas mungkin bisa kamu berikan kepada si dia agar dirinya juga turut merasakan manfaat dari pertengkaran. Tetapi dengan beragam manfaat diatas ini bukan berarti kamu dan si dia harus bertengkar ya. Tidak disarankan untuk bertengkar demi mendapat manfaat ulasan diatas loh.

Tanpa bertengkar pun kamu dan si dia juga bisa mendapatkan hal-hal diatas. Tentunya dengan berkomunikasi dengan baik dan mengutarakan keinginan dan juga harapan dari hubungan kalian. Ingat, bertengkar bukan untuk dilakukan dengan sengaja ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here