Salah satu jajanan khas betawi yakni Kerak Telor (kerak telur) merupakan makanan legenda yang berawal dari coba-coba. Jajanan yang berbahan dasar telur bebek ini bisa didapatkan di pusat wisata Jakarta atau diberbagai acara besar yang diselenggarakan di Jakarta.

Baca juga: Makna Dibalik Filosofi Ketoprak dan Kaleng Biskuit Khong Guan

Jajanan Kerak Telor ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda. Saat itu masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta (Betawi) membuat berbagai macam sajian makanan yang berbahan dasar dari kelapa. Kerak Telor ini pun tercipta berkat ketidaksengajaan sekawanan warga Betawi (dahulu Batavia), yang tinggal disekitar kawasan Menteng, Jakarta. Dahulu dikawasan ini ditumbuhi dengan banyaknya pohon kelapa, sehingga terciptalah makanan legenda khas Betawi ini.

Sekawanan Batavia ini pun mulai berani menjajakan makanan Kerak Telor pada tahun 1970. Saat itu jajanan Kerak Telor mulai dipasarkan di kawasan Tugu Monas. Berkat coba-coba inilah jajanan Kerak Telor dahulu menjadi salah satu makanan kelas elit.

Pada dasarnya, Kerak Telor ini berbahan dasar telur bebek atau telur ayam dan beras ketan. Cara memasaknya pun tergolong unik dan tradisional. Menggunakan wajan berukuran kecil, yang dimasak diatas tungku dengan bahan bakar arang. Tak hanya itu saja, hebatnya para penjual Kerak Telor ini pada saat proses membalik adonan yang sudah tercampur rata menghadap ke arah arang. Bagaimana bisa bahan-bahan tersebut tidak tumpah atau jatuh?

Selain menggunakan telur dan beras ketan, Kerak Telor juga ditambahkan topping pelengkap seperti ebi dan serundeng (parutan kelapa). Hal ini tentunya untuk menambah kelezatan dan menambah cita rasa Kerak Telor yang khas. Untuk menjual dagangannya, para penjual mendagangkan Kerak Telor ini pun menggunakan pikulan dengan bambu atau rotan.

Kelezatan Kerak Telor ini bisa dinikmati jika Anda mengunjungi berbagai tempat wisata yang terletak di kawasan Jakarta, hingga perhelatan event besar Jakarta. Tidak hanya di Jakarta, Kerak Telor kini juga sudah dikenal sampai ke luar negeri, seperti Malaysia, Amerika, dan Arab Saudi.

Baca juga: Riwayat Kue Pancong, Dari Jadul Sampe Gaul!

Hal ini berkat dukungan dan peran dari pemerintah saat zaman kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin, hingga kepemimpinan Gubernur Basuki Thahaja Purnama Kerak Telor selalu diutamakan dan menjadi jajanan yang wajib ada pada setiap event besar Jakarta.

Saat ini Kerak Telor tidak hanya dibuat oleh warga asli Jakarta saja, melainkan warga dari berbagai daerah sudah bisa membuatnya. Resep dan bahan dasar pembuatan Kerak Telor pun sudah tersebar melalui internet. Jadi jika Anda sedang ingin menyantap Kerak Telor bisa membuatnya sendiri di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here