Mencicipi kuliner di khas Jakarta tak lengkap rasanya jika belum mencoba gado-gado legendaris yang terletak di Cikini yaitu, Gado-Gado Bon Bin. Gado-Gado yang cukup terkenal di kalangan warga Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1960 loh. Sebelum sukses dengan Gado-Gado Bon Binnya, sang pendiri terlebih dahulu mengawalinya dengan menjual es cendol berwarna merah di kawasan sekitar kebun binatang Cikini.

Gado-Gado Bon Bin berdiri sejak tahun 1960, saat itu Lanny Wijaya selaku pendiri gado-gado legendaris ini menjajakan dagangannya disebuah rumah petak dengan dinding yang terbuat dari lempengan bambu. Sebelum terkenal dengan dagangannya berupa gado-gado, Lanny sudah lebih dulu dikenal sebagai penjual es cendol merah di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Seiring berjalannya waktu dan ramainya kawasan Cikini pada masa tersebut, membuat Lanny pun akhirnya membuat resep rahasia dari makanan khas Jakarta, gado-gado. Sejak saat itulah dagangannya tak lagi hanya dikenal dengan es cendol merahnya saja, melainkan Gado-Gado Bon Bin yang sekarang sangat legendaris.

Di kenal dengan nama Gado-Gado Bon Bin, lantaran pada saat itu tempat makan milik Lanny terletak di Jalan Kebon Binatang III, dimana dahulu di kawasan Cikini terdapat kebun binatang yang saat ini lokasinya sudah dipindahkan ke Ragunan. Maka hingga saat ini nama Bon Bin pun digunakan sebagai nama dari gado-gado buatan Lanny.

Saat ini usaha kulinernya sudah di wariskan kepada anaknya, Hadi Lingga Wijaya. Meski sudah berpindah tangan ke generasi penerusnya, Gado-Gado Bon Bin tidak pernah sedikit pun mengalami perubahan rasa. Cita rasa dan ciri khas dari Gado-Gado Bon Bin tetap sama seperti dahulu yaitu bumbu kacang yang halus namun tidak kental maupun encer.

Dengan cita rasa yang terus dipertahankan sejak dahulu inilah Gado-Gado Bon Bin menjadi salah satu makanan khas Jakarta yang legendaris sejak 1960. Tak jarang Gado-Gado Bon Bin menjadi makanan favorit dari para kalangan pemerintahan, mulai dari Andi Mallarangeng, Taufiq Kiemas, hingga mantan Presiden Indonesia, Gus Dur dan Megawati memilih Gado-Gado Bon Bin sebagai salah satu makanan kegemarannya.

Hingga saat ini resep rahasia dan cita rasa yang khas tersebutlah yang membuat Gado-Gado Bon Bin mampu bertahan dan tidak pernah sepi dari para pengunjung. Tertarik untuk mencicipi Gado-Gado Bon Bin Cikini ini? Jangan lupa untuk mampir mencicipi gado-gado legendaris Jakarta ini ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here