Siapa yang belum kenal dengan tahu slawi? Tahu slawi terkenal dengan bentuk segitiga yang berisi aci di dalamnya, biasanya tahu slawi dimakan bersama cocolan sambal pedas atau bahkan cabe rawit pedas. Tahu ini disebut dengan nama tahu slawi karena berasal dari kabupaten slawi yang ada di kota Tegal, Jawa Tengah. Nah, jika Anda berkunjung ke Tegal sejauh mata memandang pasti banyak sekali pedagang yang menjajakannya di pinggir jalan ataupun di dalam bus. Sayang sekali jika Anda tidak mencicipi sedapnya tahu slawi.

Saking terkenalnya tahu slawi di kabupaten Tegal, Anda bisa menemukan patung tahu slawi di Prapatan Slawi Pos, Tegal sebagai sebuah ikon dari kabupaten Tegal yang merupakan sentra penjualan tahu aci. Patung raksasa di Prapatan Slawi Pos terdiri dari dua buah tahu aci bersama dengan empat buah cabe rawit, karena cabe rawit menjadi pasangan yang pas ketika Anda menyantap tahu slawi. Patung tahu slawi berada tepat Prapatan Slawi Pos yang sangat strategis.

Bagi Anda yang belum sempat berkunjung ke kota Tegal atau sudah berkunjung ke kota Tegal tapi tidak sempat mencicipi nikmatnya tahu slawi, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep sederhana berikut ini. Yuk kita buat!

Resep Tahu Slawi:

Bahan:
10 buah tahu kuning ukuran 6 x 6 cm
100 ml air
Minyak sayur, untuk menggoreng

Bahan untuk Isi Tahu:  
250 g tepung tapioka
100 ml air
4 siung bawang putih, cincang halus
2 batang bawang daun, iris halus
1 sdt garam
½ sdt merica putih bubuk
½ sdt gula pasir
Sambal kecap, campur rata:
5 sdm kecap manis
5 buah cabai rawit merah, haluskan
½ sdt air jeruk nipis
Pelengkap:
10 buah cabai rawit hijau

Cara Membuat:

  1. Potong tahu secara diagonal
  2. Keluarkan isi tahu dibagian tengah menggunakan sendok. Haluskan isi tahu yang sudah dikeluarkan tadi, sisihkan.
  3. Aduk rata semua bahanuntuk isi tahu. Campur dengan tahu yang telah dihaluskan.
  4. Letakkan 1 sdm isi ke dalam tahu. Bentuk sedikit menggunung dan cubit permukaannya mengikuti bentuk asli jajanantahu slawi. Ulangi langkah yang sama hingga tahu habis. Sisihkan.

Campur sisa bahan isi dengan air. Celupkan tahu ke dalam adonan lalu goreng dengan minyak panas hingga matang. Angkat. Tiriskan. Sajikan selagi hangat disertai sambal kecap dan cabe rawit sebagai pelengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here