Rajawali Cinemar Purwokerto
Rajawali Cinemar Purwokerto

Bioskop Rajawali atau yang biasa dikenal dengan nama Rajawali Cinema merupakan salah satu bioskop tua yang berada di Purwokerto, Jawa Tengah. Bioskop ini merupakan salah satu bioskop yang sampai saat ini masih beroperasi seperti biasa.

Jika sebuah bioskop tua sudah banyak di tutup atau beralih fungsi, namun tidak dengan Rajawali Cinema. Bioskop yang terletak di Jl. S. Parman Nio.69, Karangbawang, Purwokerto Kulon, Banyumas, Jawa Tengah. Rajawali Cinema ini pun satu generasi dengan beberapa bioskop yang juga berada di Purwokerto, seperti Bioskop Nusantara, Bioskop President, Bioskop Kamandaka, Bioskop Srimaya, dan juga Bioskop Dynasti.

Rajawali Cinema Purwokerto (doc: bicaraboxoffice)
Rajawali Cinema Purwokerto (doc: bicaraboxoffice)

Rajawali Cinema didirikan sekitar tahun 1980-an, tepatnya pada 30 Juni 1980. Bioskop tua yang sudah berusia 39 tahun ini masih tetap melayani pengunjung untuk menyakiskan film-film terbaru. Rajawali Cinema pun menjadi wadah bagi para pecinta film, baik film dalam negeri maupun luar negeri.

Pada tahun 1998, Rajawali Cinema sempat mengalami masa-masa terburuknya. Ketika Indonesia mengalami krisis moneter, Rajawali Cinema yang dulunya kerap kali dipenuhi dengan pengunjung pun harus kehilangan beberapa pengunjungnya. Bahkan Rajawali Cinema sempat melayani satu hingga dua pengunjung saja dalam satu hari.

Rajawali Cinema Purwokerto (doc: bicaraboxoffice)
Rajawali Cinema Purwokerto (doc: bicaraboxoffice)

Meskipun mengalami masa-masa sulit, Rajawali Cinema tetap konsisten dan bertahan. Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Rajawali Cinema ialah masih menggunakan poster manual sebagai media promosi. Di kebanyakan bioskop Indonesia penggunaan poster promosi biasanya menggunakan poster yang sudah di cetak digital. Namun untuk Rajawali Cinema, penggunaan media promosi poster tersebut masih menggunakan lukisan tangan sebagai bentuk promosi film-film yang sedang atau akan ditayangkan.

Ciri khas itu pun masih dipertahankan hingga saat ini. Terbukti hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Tak jarang pengunjung pun mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponselnya, dan berpose di depan gedung Rajawali Cinema.

Poster promosi Rajawali Cinema Purwokerto (doc: bicaraboxoffice)
Poster promosi Rajawali Cinema Purwokerto (doc: bicaraboxoffice)

Sosok dibalik lukisan-lukisan itu adalah Parsan. Seorang laki-laki yang dulunya bekerja sebagai petugas kebersihan di Rajawali Cinema tahun 1987-an. Parsan pun mulanya hanya mencoba dan mengasah hobi semasa kecilnya. Namun bakatnya tersebut justru terlihat dan dilirik oleh pihak Rajawali Cinema.

Ruang nonton Rajawali Cinema (doc: bicaraboxoffice)
Ruang nonton Rajawali Cinema (doc: bicaraboxoffice)

Selain itu, Rajawali Cinema juga sempat mengalami masa-masa tiket nonton menggunakan selembar kertas. Namun kini pihak Rajawali Cinema sudah bekerjasama dengan pihak XXI untuk melakukan pengembangan dan perbaikan.

Hingga saat ini Rajawali Cinema masih melayani pengunjung yang ingin menyaksikan film-film terbaru. Tentunya dengan kondisi bangku yang jauh lebih nyaman, poster digital pada bagian dalam bioskop dan beberapa fasilitas lainnya yang juga sudah diperbaiki. Yuk mampir ke Rajawali Cinema!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here