Betawi memang kaya dengan segala jenis budaya dan juga aneka ragam jenis kuliner. Salah satu ragam kuliner yang berasal dari Betawi adalah Bir Pletok. Meski bernama Bir, faktanya minuman ini tidak akan membuat Anda mabuk. Justru Bir Pletok ini bermanfaat bagi tubuh Anda loh.

Baca juga: Riwayat Kue Pancong, Dari Jadul Sampe Gaul!

Secara singkat tentang sejarah dari Bir Pletok ini bermula sejak zaman penjajahan Belanda. Saat itu masyarakat Indonesia, khususnya Betawi kerap gabung dalam sebuah pesta yang dilakukan oleh orang Belanda. Di dalam pesta tersebut, warga Belanda menikmati minuman Wine yang mengandung alkohol.

Sejak seringnya berkumpul pada acara pesta warga Belanda, masyarakat Betawi yang mayoritas beragama islam pun terinspirasi untuk membuat minuman serupa namun tidak mengandung alkohol. Maka saat itu diraciklah berbagai resep ramuan yang terdiri dari rempah-rempah seperti jahe, daun pandan, sereh, lada, dan kulit kayu secang untuk membuat warna Bir Pletok menjadi merah seperti Wine.

Terciptalah resep minuman yang kini dikenal dengan nama Bir Pletok khas Betawi. Nah untuk nama Pletok sendiri, warga Betawi lagi-lagi terinspirasi dari minuman Wine. Warga Belanda yang ingin menikmati Wine ini dengan unik membuka tutup Wine yang mengeluarkan suara ‘Pletok’, sehingga nama Pletok itulah yang akhirnya dipakai untuk minuman tanpa alkohol khas Betawi, Bir Pletok.

Saat ini, Bir Pletok biasanya disajikan pada acara pesta khas warga Betawi seperti pernikahan maupun khitanan. Bir Pletok tidak hanya bisa dinikmati oleh warga Betawi saja loh, tetapi bisa nikimati oleh siapapun dan semua kalangan.

Dalam saecangkir Bir Pletok terdapat kandungan senyawa antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Senyawa antioksidan tersebut berasal dari jahe, secang, dan sejumlah rempah-rempah lainnya yang mengandung antioksidatif, anagesik, antiinflamsi, dan anti karsinogenik.

Manfaat yang bisa diperoleh dari minum Bir Pletok ini antara lain meredakan kram, memperlancar aliran darah, mengobati masuk angin, meredakan migran, mampu mengobati kenker indung telur, meningkatkan nafsu makan, dan masih banyak lagi.

Jadi jangan takut mabuk saat minum Bir Pletok ya, justru minuman ini sangat bermanfaat bagi Anda yang mengalami rasa nyeri otot terutama bagi Anda yang sudah berusia lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here