Apakah Anda pernah mencoba bermain permainan bola bekel? Permainan yang menggunakan bola karet ini sempat populer dikalangan anak-anak usia 7 – 10 tahun, khususnya bagi anak yang duduk dibangku sekolah dasar. Salah satu permainan jadul yang berasal dari Jawa Tengah ini sudah sangat jarang ditemui dan dimainkan oleh generasi sekarang. Bahkan keberadaannya kini bisa dikatakan sudah mulai terlupakan.

Umumnya permainan bola bekel dilakukan oleh 2 orang hingga 4 orang. Dengan alat utamanya bola karet dan biji bekel yang berjumlah 5 hingga 10 buah yang memiliki dua sisi yang berbeda. Permainan bola bekel biasanya dilakukan ketika sedang istirahat atau sepulang sekolah.

Bagi Anda yang pernah menikmati permainan bola bekel ini tentu tidak akan melupakan peran penting dari minyak tanah. Yap! Minyak tanah ini sangat berperan penting dalam membesarkan ukuran bola karet yang kita miliki. Biasanya para pemain merendam bola karet ke dalam minyak tanah untuk mendapatkan ukuran bola yang sesuai keinginan.

Selain menggunakan bola karet dan biji kuningan, dalam permainan bola bekel juga terdapat istilah-istilah yang hanya ada di permainan bola bekel. Istilah-istilah tersebut antara lain Pit, Ro, Klat, S dan Naspel. Istilah inilah yang membuat permainan bola bekel menarik untuk dimainkan.

Cara bermain bola bekel juga terbilang cukup unik. Dimana dalam setiap permaian terbagi menjadi 5 set. Dimana pada set pertama akan memainkan Pit, kemudian Ro, klat, S dan yang terakhir Naspel. Untuk set Naspel, permainan akan mengulang seperti awal yang dimulai dari Pit dan diakhiri oleh S.

Pengambilan biji kuningan bekel juga dimulai dari satu-satu hingga berlanjut kepada biji terakhir yang diambil. Jika gagal maka permainan harus digantikan dengan orang lain. Mengenang permainan jadul ini memang sangat menyenangkan, lalu kemanakah permainan ini sekarang? Apakah Anda termasuk kedalam orang-orang yang pernah memainkan permainan ini? Coba ceritakan pengalaman seru Anda saat memainkan permainan bola bekel yuk!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here