Bagi generasi 80-an dan 90-an pasti kenal dengan nama “Boneka Tongki”, ini merupakan nama boneka tangan yang mulutnya bisa bergerak terbuka dan tertutup seolah sedang berbicara. Mulutnya yang bisa bergerak ini digerakkan oleh satu tangan ‘dalang’ yang menjadi nyawa bagi hidupnya si Boneka Tongki.

Dalang dari Boneka Tongki bernama Gatot Sunyoto, seorang entertainer senior kepunyaan tanah air yang namanya sangat terkenal di era 1980-an hingga 1990-an.

Di era kejayaannya tersebut, Gatot Sunyoto pernah menjadi pembawa acara anak-anak di Televisi Republik Indonesia (TVRI) yang pada acara ini Gatot Sunyoto selalu ditemani oleh Boneka Tongki disetiap kesempatan di depan kamera televisi. Boneka Tongki kerap kali melontarkan komentar-komentar yang lucu.

Gatot Sunyoto dan Boneka Tongki

Di setiap kemunculannya di layar kaca, Boneka Tongki selalu menggunakan kostum yang berbeda-beda layaknya seseorang yang benar-benar hidup. Penampilannya bersama Gatot Sunyoto selalu berhasil membuat mata penonton betah melihat tingkahnya yang jenaka. Tak hanya menunjukkan keahlian suara perut saja, Gatot Sunyoto juga sering mempertunjukkan keahliannya sebagai pemusik, penyanyi, dan pesulap.

Boneka Tongki seolah hidup berkat tekhnik Ventriloquism, atau biasa dikenal dengan sebutan tekhnik suara perut. Tekhnik ini sangat dikuasai oleh Gatot Sunyoto untuk menghidupkan Boneka Tongki, Gatot Sunyoto akan berbicara tanpa menggerakkan bibir dan seolah suaranya keluar dari mulut Tongki yang digerak-gerakkan oleh tangan dingin Gatot Sunyoto. Dengan caranya itu, Gatot Sunyoto dan Boneka Tongki mampu menghibur penonton hingga melahirkan tawa.

Eksistensi Boneka Tongki bisa sangat di perhitungkan di dunia hiburan jaman dulu. Sama seperti Boneka Susan. Namun yang membedakan, Boneka Susan gambaran dari anak perempuan yang masih kecil dan bawel tapi menggemaskan. Sedangkan Boneka Tongki adalah gambaran dari anak laki-laki yang gemar berpenampilan rapi dan suka melontarkan celotehan-celotehan yang lucu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here