‘MTV…..Gue Banget!’ masih ingat dengan jargon slogan tersebut? Ya slogan tersebut  merupakan tagline dari acara musik yang ngehits tahun 1990 hingga 2000-an, MTV Indonesia. Pada masa keemasannya, MTV menjadi salah satu acara musik yang paling hits dan dinantikan oleh para penikmat musik, khususnya remaja. Sayangnya tayangan MTV Indonesia resmi dihentikan pada tahun 2015.

Baca juga: Berpacu Dalam Melodi – Jalan Panjang Kuis Musik Lintas Stasiun TV

MTV Indonesia mulai mengudara pada tahun 1995, saat itu hak siar dan penayangannya dipegang oleh ANTV. Kemunculan program musik yang dikemas dengan cara menarik ini pun berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Tak hanya mengemas acara musik yang menarik saja, MTV Indonesia juga turut melahirkan sederet artis besar yang memulai karirnya sebagai seorang VJ (Video Jockey). Sebut saja Sarah Sechan, Nadia Hutagalung, Jamie Aditya, Evan Sanders, Daniel Mananta, Cathy Sharon, Rianti Cartwright, dan juga Nino Fernandez.

Deretan nama populer diatas lahir dan besar berkat salah satu program MTV Indonesia, MTV VJ Hunt. Memang, program yang dimiliki oleh MTV Indonesia tidak hanya sekedar acara musik yang menampilkan lagu-lagu serta video klip dari para musisi. MTV Indonesia memiliki program-program menarik lainnya yang membuat porgam ini semakin dicintai.

Pada tahun 2002, hak siar dari MTV Indonesia yang semula dipegang oleh ANTV beralih ke sebuah stasiun televisi swasta baru, Global TV. Saat itu, sebagai stasiun televisi baru Global TV belum memiliki program satu pun, sehingga hak siar dan lisensi MTV Indonesia dibeli oleh Global TV. Sejak saat itulah MTV Indonesia mulai gencar menayangkan berbagai program, seperti MTV VJ Hunt, MTV Ampuh, MTV Land, MTV 100% Indonesia, MTV Salam Dangdut, hingga MTV Pimp My Ride.

Kemeriahan program acara MTV Indonesia ini sayangnya harus berakhir. Generasi 90’an yang sempat menyaksikan dan menikmati tayangan berkualitas dari MTV Indonesia pun berduka. Pasalnya, penayangan MTV Indonesia harus dihentikan pada tahun 2015. Hal ini dikarenakan pihak MTV Asia telah memutuskan mitra kerjasama dengan Forte Creative Content Developer, dengan alasan masalah perekonomian dan bisnis yang menurun.

Meski demikian, generasi 90’an patut berbangga hati dengan dibekalinya program-program acara menarik yang dikemas secara apik dan menyegarkan mata. Bukan semata disugukan dengan program-program yang berlabel acara musik, namun penayangannya tidak membahas tentang musik. Kira-kira kalau program MTV Indonesia kembali dihidupkan, akan sekeren dan semeriah apa ya sambutannya? Semoga aka nada stasiun televisi yang kembali menayangkan acara-acara musik berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here