Kopi tak hanya nikmat di teguk, ampas kopi dapat membuat sejumlah tanaman hias seperti Aglaonema, Keladi, dan Monstera makin subur.

Bubuk kopi mengandung unsur nitrogen, magnesium, kalsium, kalium, dan mineral lainnya yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman, termasuk tanaman hias Aglaonema, Keladi dan Monstera.

Ada dua cara menggunakan pupuk bubuk kopi untuk tanaman hias, yakni dengan menaburkannya langsung dan mencampurnya dengan air. Cara pertama cukup mudah dilakukan. Taburkan bubuk kopi langsung di atas tanah atau gali beberapa centi meter tanah dan taburkan bubuk kopi didalamnya. Pada cara pertama, bubuk kopi juga dapat dicampur dengan daun-daunan kering atau rumput kering. Hal ini akan semakin membuat bubuk kopi cepat diurai menjadi unsur yang dibutuhkan tanah.

Cara kedua yakni dengan melarutkan dengan air. Campurkan sekitar 1 sendok bubuk kopi baru atau bekas kedalam ember berukuran kecil/sedang. Biarkan beberapa jam atau semalaman hingga bubuk kopi larut hingga ke dasar. Lalu gunakan campuran bubuk kopi dan air tersebut untuk menyiram tanaman hias. Jika ingin mendapat manfaat bagi daun tanaman hias, campuran bubuk kopi dan air juga dapat di semprotkan kedaun tersebut. Manfaatnya membuat daun semakin cantik dan cepat beranak-pinak.

Selain itu, bubuk kopi sangat disukai oleh mikroorganisme di dalam tanah seperti cacing. Berikan secangkir bubuk kopi ke tanaman hias satu kali dalam seminggu. Kemudian, jangan kaget dengan hasilnya. Tanaman hias Aglaonema, Keladi, dan Monstera akan tumbuh subur.

Bubuk kopi juga mampu meningkatkan daya tamping air dan menurunkan pertumbuhan gulam serta mencegah datangnya hama seperti siput.

 

Sumber : The Spruce

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here