Memasuki musim penghujan dengan intensitas yang sulit ditebak, menikmati sajian minuman hangat seperti Wedang Ronde mungkin akan menjadi salah satu pilihan terbaik yang pernah ada. Minuman ini akan menjadi salah satu penghangat tubuh di kala dingin melanda. Dengan menyandang nama Wedang Ronde, kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap bahwa minuman hangat ini berasal dari Jawa. Anggapan tersebut rupanya salah besar, Wedang Ronde bukanlah minuman hangat yang berasal dari Jawa.

Menurut catatan sejarah, Wedang Ronde berasal dari Tionghoa (China) dengan nama Dongzhi atau Tangyuan. Minuman hangat asal Tionghoa ini disajikan dengan kuah yang manis dan hangat. Tangyuan ini juga dilengkapi dengan isian berupa tepung ketan dengan bentuk bulat, tepung ketan itu pun diberikan isian berupa kacang tanah.

Wedang Ronde

Minuman hangat khas Tionghoa ini pun dibawa ke Indonesia. Sejak dibawa dan diperkenalkannya minuman hangat dengan kuah manis ini lah masyarakat Indonesia pun mulai berinovasi. Kuah dengan rasa manis itu pun diganti dengan menggunakan air jahe yang menghangatkan tubuh. Kemunculannya pun pertama kali ditemukan di Jawa Tengah.

Kehadirannya di daerah Jawa Tengah, tepatnya di Semarang ini lah yang membuat nama Tangyuan diubah menjadi Wedang Ronde. Wedang yang berarti air hangat, dan ronde yang berarti bulat dalam bahasa Belanda.

Wedang Ronde

Dalam satu mangkuk Wedang Ronde biasanya tidak hanya berisikan bulatan dari tepung beras saja. Sebagai pelengkap biasanya Wedang Ronde akan ditemani dengan irisan kolang-kaling, kacang tanah, dan juga potongan roti tawar yang dapat mengenyangkan perut.

Selain itu, ronde yang disajikan dalam semangkuk Wedang Ronde biasanya memiliki tiga warna, yaitu merah, hijau dan putih. Masing-masing warna tersebut ternyata memiliki makna dan arti tersendiri loh. Merah menandakan keberanian, hijau merupakan karunia, putih artinya bersih.

Wedang Ronde, minuman yang dapat menghangatkan tubuh disaat cuaca hujan dan dingin melanda. Tertarik untuk mencicipinya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here