Awal tahun 2020 Jakarta dan beberapa bagian kota lainnya diberi ‘hadiah’ tahun baru, yaitu banjir yang merendam sebagian ruas jalan dan pemukiman. Meski banjir sudah surut sejak beberapa hari lalu, tetap saja warga Jakarta dan sekitarnya masih harus siaga menghadapi kemungkinan kalau nanti aka nada banjir susulan, dikarenakan intensitas curah hujan di bulan Januari.

Banjir bukanlah hal yang diharapkan, karena bisa mendatangkan kerugian yang besar. Tak hanya keselamatan jiwa yang terancam, tempat tinggal yang terendam banjir pun bisa berubah menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab penyakit.

Rumah yang sempat terendam banjir harus segera dibersihkan. Kali ini Kabarsidia akan memberikan cara ampuh membersihkan rumah setelah banjir seperti yang dilansir dari laman Flood Safety;

  1. Bersihkan Lumpur Terlebih Dahulu.

Membersihkan lumpur sisa genangan air banjir merupakan langkah awal yang wajib dilakukan. Bersihkan lantai, dinding, perabotan rumah, dan beberapa komponen yang sempat terendam banjir.

  1. Bersihkan Lantai dengan Cairan Antiseptik dan Air Hangat.

Setelah melakukan langkah awal, bisa lanjutkan dengan membersihkan permukaan lantai dengan menggunakan cairan pembersih kuman. Sebelum itu, pastikan lantai sudah dibersihkan dengan air sehingga tidak ada lagi kotoran atau bakteri yang mengendap. Lakukan pembersihan lantai dengan cairan antiseptik yang dicampur air hangat sebanyak dua kali.

  1. Rendam Peralatan Makan dengan Air Hangat dan Sabun Cuci Piring Antibakteri.

Taruh piring, gelas, sendok, mangkuk, dan alat makan lainnya ke dalam satu wadah yang sudah diberikan cairan pembersih kuman. Rendam selama 10 menit, cuci bersih, dan biarkan kering. Jangan menggunakan lap untuk mengeringkan, biarkan saja mongering dengan sendirinya.

  1. Jemur Perabotan Sesegera Mungkin.

Perabotan rumah yang terkena banjir harus segera dibawa keluar untuk dijemur, karena jika tidak akan menjadi sarang bakteri dan jamur bahkan menimbulkan bau tak sedap. Gunakan kipas dan buka jendela untuk memberi sirkulasi udara selama perabotan dikeringkan di luar rumah.

  1. Buang Kasur yang Sudah Terendam Banjir Lebih dari 24 Jam.

Kasur yang tergenang air banjir akan lebih beresiko menjadi sarang kuman dan bakteri berbahaya, begitu juga dengan mainan anak. Kasur yang sudah terkena genangan air banjir selama 24 jam harus segera dibuang dan tidak perlu dijemur.

  1. Pisahkan dan Keringkan Dokumen.

Foto, buku, dan surat-surat penting bisa didiamkan untuk dibersihkan nanti. Tetapi, langkah awalnya adalah dengan memisahkan lembaran-lembarannya dan keringkan dengan hati-hati agar tidak rusak.

  1. Lepas Kertas Dinding.

Jika rumahmu menggunakan wallpaper, kamu harus segera melepas wallpapernya setelah terendam banjir. Karena, kertas yang basah akan menyerap air dan membuat dinding jadi lebih susah kering sehingga bisa menimbukan bau tak sedap dan jadi sarang jamur serta bakteri.

Cara mudah dan ampuh ini bisa kamu lakukan agar rumah yang setelah terkena banjir tidak menjadi sarang penyakit dan terbebas dari bau tak sedap. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here