Cegukan adalah suatu kondisi yang sering dialami oleh bayi hingga orang dewasa ataupun lanjut usia. Lamanya cegukan bisa bermacam-macam, ada yang sebentar dalam beberapa menit dan ada juga yang mengalaminya cukup lama selama berhari-hari.

Cegukan terjadi karena pita suara menutup secara tiba-tiba akibat terpicu oleh kontraksi pada diafragma dan menghasilkan bunyi ‘Hik!’. Diafragma adalah membran otot pemisah rongga dada dan perut yang berperan penting pada sistem pernapasan.

Secara medis, Cegukan yaitu keadaan  pada saat diafragma yang berkontraksi karena kejang menyebabkan pita suara yang ada di tenggorokan menutup dan membuka dengan sangat cepat. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya cegukan yang kadang tidak bisa diprediksi. Misalnya saja makan terlalu banyak, makan makanan pedas, makan dalam jumlah banyak ataupun perut kembung.

Cegukan bisa membuatmu sangat tidak nyaman, banyak orang melakukan segala cara untuk menghentikan cegukan yang mana memang banyak caranya untuk menghentikan cegukan. Tetapi, di antara banyaknya cara tersebut, berikut ini ada cara cepat dan mudah menghentikan cegukan. Kamu wajib tahu nih!

  1. Oleskan Minyak Kayu Putih.

Oleskan minyak kayu putih pada leher dan bagian perut dapat menjadi cara cepat menghilangkan cegukan berkepanjangan. Kandungan minyak atsiri dan sensasi panasnya dapat menghilangkan cegukan. Caranya: kamu bisa oleskan minyak kayu putih pada bagian leher secara merata, agar sensasi hangatnya bisa segera menghentikan cegukan.

  1. Usapkan Es Batu.

Dengan mengusapkan es batu pada tenggorokan secara perlahan-lahan akan membantu saraf menjadi lebih santai sehingga cegukan akan mudah hilang. Hal ini merupakan salah satu cara cepat menghilangkan cegukan.

  1. Mengulum Gula.

Dengan mengulum gula batu atau 1 sendok gula pasir bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan cegukan yang hadir terus menerus. Gula dapat merangsang otot diafragma agar cegukan segera berhenti. Caranya: Kulum gula selama 5 menit, lalu bisa kamu telan atau keluarkan dari mulut.

  1. Minum Perasan Air Jeruk Nipis.

Jika cegukan berlangsung lama dan susah di hentikan, lekas lah membuat air minum dari perasan jeruk nipis. Kamu bisa langsung memeras jeruk nipis ke dalam mulut dan langsung telan air perasannya agar cegukan segera berhenti.

  1. Menjulurkan Lidah.

Cara menghilangkan cegukan tanpa minum yaitu dengan menjulurkan lidah. Tujuan menjulurkan lidah untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf ini mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma dan bisa membuat cegukan segera menghilang.

  1. Minum Air Hangat.

Ini merupakan cara yang sangat mudah sekali dilakukan. Air hangat dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi. Minum lah air hangat lalu tahan napas dengan posisi tubuh membungkuk, kemudian kembalikan posisi tubuh dalam keadaan tegap masih dengan menahan napas baru kemudian minum lah air hangat sambil bernapas seperti biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here