Memasuki musim pancaroba memang tak heran jika banyak yang terserang flu, bahkan bukan hanya flu saja yang datang menghampiri melainkan teman-temannya yang lain seperti batuk, demam, radang tenggorokan juga datang secara keroyokan. Saat terserang flu, bernapas dengan normal menggunakan hidung bisa menjadi hal terberat. Sulit bernapas saat flu dapat membuat kamu merasa sangat lelah dan kepayahan, apalagi jika mengalami hidung tersumbat ketika ingin tidur, sungguh sangat tidak nyaman bukan?

Buat kamu yang sedang mengalami hidung tersumbat, jangan langsung buru-buru minum obat. Terlalu sering mengkonsumsi obat juga tidak akan baik bagi tubuh, lebih baik gunakan cara mudah atasi hidung tersumbat saat flu menyerang seperti yang sudah dirangkum oleh kabarsidia.com di bawah ini;

  1. Perbanyak Minum Minuman Hangat.

Banyak minum minuman hangat dapat membantu lendir yang mengendap pada hidung menjadi lebih encer sehingga bisa dikeluarkan. Selain perbanyak minum air putih hangat, kamu juga bisa variasikan dengan meminum teh hangat, jahe hangat, lemon tea hangat, mint tea hangat, yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

  1. Menghirup Uap Air Hangat.

Hidung yang tersumbat akan terasa lebih lega setelah kamu menghirup uap air hangat, uap air hangat yang dihirup juga dapat membantu lendir dalam hidung menjadi lebih cair sehingga hidung tersumbat bisa segera membaik. Kamu juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air hangat, hirup uap air hangat yang bercampur dengan aroma minyak kayu putih langsung membuat hidung tersumbatmu terasa plong!

  1. Kompres Hidung Dengan Air Hangat.

Cara ini biasanya sering digunakan pada bayi yang sedang mengalami hidung tersumbat karena flu. Tapi cara sederhana ini juga bisa diterapkan pada orang dewasa lho, caranya kamu hanya perlu siapkan satu mangkuk yang berisi air hangat dan handuk kecil yang dicelupkan ke dalam mangkuk air hangat dan digunakan untuk mengompres hidung.

  1. Menghangatkan Badan.

Jika sedang terserang flu ringan atau flu berat, dan hidung menjadi tersumbat. Kamu harus menghangatkan badan dengan cara tidak menggunakan AC atau kipas angin, karena hidung yang tersumbat karena flu sangat membutuhkan udara yang lembab dan hangat agar hidung dapat bernapas dengan baik.

  1. Konsumsi Bawang Putih.

Cara tradisional untuk meredakan hidung tersumbat akibat flu adalah dengan mengkonsumsi bawang putih mentah yang dikunyah. Bawang putih memiliki peran sebagai agen anti-bakteri dan anti-jamur yang berguna untuk memberantas bakteri penyebab hidung tersumbat.

  1. Memijat Hidung dengan Ringan.

Memijat bagian atas hidung menggunakan jempol dan telunjuk akan membantu hidung yang tersumbat menjadi lebih lega. Cukup dengan memijat ringan pada bagian atas hidung dengan gerakan memutar, lakukan pijatan ringan ini sampai hidung terasa lega.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here