Celine Dion telah menjadi salah satu musisi wanita yang paling disukai sepanjang karir hidupnya dan dicintai oleh jutaan penggemar yang tersebar di seluruh dunia.

Celine Marie Claudette Dion lahir di kota kecil bernama charlemagne di quebec canada pada tahun 1968  . Suaranya yang khas ,luar biasa dan istimewa telah membawanya memenangkan banyak penghargaan musik di seluruh dunia. Di setiap aksi panggung nya Celine Dion kerap kali membuat penontonnya berkaca-kaca karena memang suaranya yang memukau juga lirik-lirik lagu yang dibawakannya membuat baper banyak orang.

Dari sejak umur lima tahun bakat nya sebagai penyanyi sudah terlihat. Pada usia 12 tahun, dia berkolaborasi dengan ibu dan saudara laki lakinya jacques untuk menulis dan menggubah lagu pertamanya “Ce n’ etai qu un reve” yang diterjemahkan sebagai “Nothing but A dream”. Kemudian kakaknya michel mengirim rekaman tersebut ke manajer musik Rene Angelil ( yang menjadi suami celine dion pada tahun 1994). Rene meneteskan air mata oleh suara celine dan memutuskan untuk menjadikannya bintang.

Celine Dion pertama kali mendapatkan penghargaan internasional dengan memenangkan Festival Lagu Populer  Dunia Yamaha 1982 dan Konstes lagu eurovision 1988.  Setelah belajar bahasa inggris, dia masuk ke EPIC Record di Amerika Serikat pada tahun 90 an

celinedion.com

Paruh akhir dekade 1990 an merupakan puncak popularitas Celine Dion di seluruh dunia. Di era ini Dion merilis 3 buah album berbahasa Inggris yang menjadi album-album tersuksesnya. Dimulai pada tahun 1996, Dion merilis album falling into you . Album ini berhasil mencapai posisi satu di banyak negara dan merupakan salah satu album terlaris di seluruh dunia dengan penjualan lebih dari 32 juta keping. Album ini menelurkan hits nomor 1 berjudul “Because You Loved Me”. Album ini memenangkan 2 kategori di Grammy award, yaitu sebagai “Best Pop Album” dan “Album of the Year”.

celinedion.com

Setahun berikutnya, album Lets talk about love dilepas ke pasaran. Album in terjual lebih dari 31 juta kopi di seluruh dunia dengan penjualan lebih dari 1 juta kopi di kanada, Prancis,Jerman , italia ,jepang , Britania raya  dan Amerika Serikat . Di Amerika Serikat bahkan mendapat sertifikasi Diamond dengan penjualan 10.550.000 juta keping. Album ini melahirkan hits “My Heart Will Go On”, yang menjadi lagu tema film blockbuster, Titanic.  Singel ini mencapai posisi nomor 1 di banyak tangga lagu di seluruh belahan dunia dan menjadi singel tersukses Dion sampai saat ini. Dengan “My Heart Will Go On”, Celine berhasil memenangkan Grammy Awards untuk kategori “Best Female Pop Vocal Performance” dan “Record of the Year”.

Status Celine sebagai salah satu Diva terbesar semakin kuat saat ia diminta untuk tampil di acara VH1  Divas Live spesial tahun 1998. Pada tahun yang sama, Celine menerima 2 penghargaan tertinggi dari negara asalnya: “Officer of the Order of Canada for Outstanding Contribution to the World of Contemporary Music” serta “Officer of the National Order of Quebec”. Tahun berikutnya, Celine menerima sebuah bintang di Canada’s Walk of Fame atas kontribusinya dalam dunia hiburan

Berikut daftar album dan single dari celine dion

  • Unison (1990)
  • Celine Dion (1992)
  • The Colour of My love (1993)
  • Falling into you  (1996)
  • Lets talk About Love (1997)
  • These are Special Times (1998)
  • A new Days has Come (2002)
  • One Heart (2003)
  • Miracle (2004)
  • Taking Changes (2007)
  • Loved Me Back To Life (2013)

source : Wikipedia.org

musicholic.com

ini salah satu live performance dari sang diva.

Lagu all by myself di nyanyikan pertama kali oleh Eric Carmen tahun 1975

 

 


        

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here