Choi Pan khas Pontianak

Kota Pontianak, Kalimantan Barat memiliki satu menu sarapan unik yang mirip dengan dim sum. Menu tersebut adalah choi pan atau chai kue. Jenis makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat kota Pontianak dan juga sekitarnya.

Choi pan merupakan jenis makanan yang bentuknya menyerupai dim sum atau hakau. Namun yang membedakan choi pan dengan hakau ialah adonan isian untuk pelengkapnya. Jika pada menu dim sum kebanyakan berisikan udang, ayam maupun salmon, choi pan justru berisikan sayuran segar.

Choi Pan khas Pontianak

Meski sangat populer di Pontianak, choi pan sendiri bukanlah makanan yang lahir dari kota tersebut. Choi pan sendiri berasal dari China yang dibawa oleh perantau dari Tiongkok. Hal ini sangat jelas ketika membaca nama choi pan sendiri. Choi yang berarti sayuran dan kue yang berarti kue. Jika digabungkan choi pan berarti kue yang berisikan sayuran.

Baca juga: Suara Klatak Dari Bakaranlah Asal Muasal Nama Sate Klatak Tercipta

Di Pontianak sendiri choi pan biasanya berisikan papaya muda, namun banyak yang melakukan pengembangan terhadap isian dari choi pan. Mulai dari bengkuang hingga talas yang ditambahkan ebi atau rebung dan kucai.

Choi pan khas Bangka Belitung

Selain itu choi pan ini memiliki kulit yang sedikit lebih tebal dibandingkan dim sum. Meskipun prosesnya tetap sama dengan cara di kukus. Kulit dari choi pan ini terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu. Pencampuran dari dua bahan tersebut nantinya akan menghasilkan tekstur yang kenyal.

Baca juga: Soto Gebrak, Makanan Khas Madura yang Nggak Bikin Emosi. Pernah Coba?

Untuk bagian luar biasanya choi pan akan dilumuri dengan minyak bawang putih untuk menambah cita rasa yang khas. Penyajian dari choi pan sendiri nantinya akan dilengkapi dengan saus pedas serta bawang goreng sebagai pelengkap yang di taburkan di atas choi pan.

Bukan hanya terkenal di Pontianak saja, choi pan juga cukup terkenal di kawasan Singkawang hingga Bangka Belitung. Yang membedakan hanyalah bentuk dari choi pan itu sendiri. Jika di Pontianak bentuk choi pan memanjang seperti pastel, di Bangka Belitung bentuk choi pan adalah segitiga. Choi pan di Bangka Belitung juga tidak menggunakan taburan bawang goreng sebagai pelengkapnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here