Generasi 90-an patut bangga dengan kehadiran serial kartun baik animasi maupun serial super sentai yang beragam. Salah satu serial super sentai yang menghiasi pertelivisian Indonesia adalah Jetman. Selain Power Rangers dengan warna-warninya, Jetman juga sempat populer dengan tokoh-tokohnya yang hampir mirip dengan karakter Power Rangers.

Jetman merupakan serial super sentai bergenre tokosatsu yang di produksi oleh Toei dan TV Asahi asal Negeri Sakura, Jepang. Serial ini pertama kali muncul dan tayang di Jepang, tepatnya di stastiun televisi Asahi pada 15 Februari 1991 dan berakhir pada 14 Februari 1992.

Choujin Sentai Jetman

Sama halnya dengan serial super sentai kebanyakan, Jetman juga memiliki tokoh super hero yang berjumlah lima orang. Mereka adalah Ryuu Tenou (Kotaro Tanaka) sebagai ranger merah atau Jet Hwak, Gai Yuuki (Toshihide Wakamatsu) sebagai ranger hitam atau Jet Condor, Ako Hayasaka (Sayuri Uchida) sebagai ranger biru atau Jet Swallow, Raita Ooishi (Tomihisa Naruse) sebagai ranger kuning atau Jet Owl, dan Kaori Rokumeikan (Rika Kishida) sebagai ranger putih atau Jet Swan.

Baca Juga : Megaloman: Sosok Superhero Rambut Api dari Era 80-an

Kelima karakter hebat ini diciptakan oleh Saburo Yatsude yang juga menciptakan Voltus Five. Menariknya dari serial Jetman ini ialah memiliki episode yang lebih panjang dan satu-satunya serial tokosatsu yang tidak diadaptasi dari serial Power Rangers. Total episode pada serial ini ialah mencapai 51 episode, dimana pada tiap episode memberikan cerita dan alur yang berbeda.

Choujin Sentai Jetman DVD

Secara garis singkat, Jetman menceritakan tentang perjuangan kelima kesatria dalam melindungi bumi. Lembaga pertahanan dalam serial Jetman ini dikenal dengan nama Sky Force. Drama pun dimulai ketika Sky Force diserang oleh sekelompok orang jahat bernama Vyram.

Para anggota Jetman juga memiliki ciri khas yang berbeda dari para superhero asal Jepang kebanyakan, yakni pada tiap anggotanya dilengkapi dengan desain burung pada tiap helm anggotanya. Ranger merah menggunakan simbol burung Hwak, ranger hitam menggunakan burung condor, ranger kuning menggunakan burung hantu, ranger biru menggunakan burung walet, dan ranger putih menggunakan angsa.

Baca Juga:Indonesia Siap Bersaing Dengan Marvel dan DC Bersama Bumilangit

Pada akhir cerita, serial super sentai Jetman ini tergolong tragis dan menyedihkan. Para anggota Sky Force mati terbunuh, termasuk Gai yang di tusuk oleh sekelompok orang tak dikenal. Tidak hanya berakhir tragis, serial Jetman juga dibumbui dengan kisah asmara dan cinta. Dimana Gai, Ryuu dan Kaori yang terlibat cinta segitiga.

Kisah perjalanan Jetman ini memang sangat lekat dan dekat dengan kehidupan manusia sehari-hari. Maka dari itu serial Jetman ini berhasil lepas dari kata ‘Power Rangers’. Bahkan serial Jetman ini ditayangkan di Amerika Utara dan di produksi dalam bentuk DVD loh.

Apakah Anda termasuk salah satu penggemar super sentai Jetman ini? Siapakah tokoh favorit Anda dalam serial Jetman? Yuk berikan jawaban menarik Anda pada kolom komentar dibawah ini.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here