Perempuan Tanah Jahanam, film horor-thriller  terbaru karya Joko Anwar merupakan film spesial bagi Joko Anwar. Joko berhasil mewujudkan impiannya sejak lama untuk bekerja sama dengan Christine Hakim. Peran Nyi Misni di Perempuan Tanah Jahanam sudah dibayangkan Joko untuk dimainkan Christine Hakim saat ia menulis skenarionya sejak 10 tahun lalu. Bagi Christine Hakim sendiri, film Perempuan Tanah Jahanam adalah film horor pertamanya sepanjang 40 tahun karirnya.

Dalam acara jumpa media Perempuan Tanah Jahanam Joko Anwar mengungkapkan bahwa sejak kecil ia tumbuh dengan menonton film-film Christine Hakim hingga ia bermimpi jika membuat film ia harus mengajak sang aktris dalam filmnya.

Christine Hakim berbicara mengenai karakter Nyi Misni saat jumpa media Perempuan Tanah Jahanam/kabarsidia.com-Keli

“Aku waktu kecil nonton film-filmnya Christine Hakim. Aku hapal dialog Kawin Lari. Aku memang besar sama film beliau. Sampai aku berandai-andai bagaimana aku kerja bareng Christine Hakim, dan aku menemukannya di Perempuan Tanah Jahanam”, ucap Joko saat jumpa media setelah press screening di Epicentrum XXI, kawasan Epicentrum Rasuna Said Jakarta Selatan, kamis (10/10/19).

Joko menambahkan hanya Christine Hakim satu-satunya pemain yang tidak melalui proses audisi bahkan ia rela ‘mengejar’ Christine ke Yogyakarta untuk meminta langsung kepada aktris peraih Citra tersebut. “Bayangkan karakter Nyi Misni kalau dimainkan aktor lain, bukan Christine Hakim, nggak bakal gitu” ucap Joko lagi.

Christine Hakim memainkan peran sebagai Nyi Misni perempuan yang sudah lama hidup di desa yang dikutuk hingga orang enggan berkunjung kesana. Sejak awal pemunculan di film, Nyi Misni sudah menabur kengerian ke penonton. “Kalau pakai nalar dan logika, saya enggak ketemu sama karakter Nyi Misni. Akhirnya saya jalankan sepenuh hati dengan perasaan campur aduk. Banyak kejutan (arahan dari sutradara) di lokasi syuting tapi saya enggak punya pilihan dan saya jalankan semaksimal mungkin,” tutur Christine Hakim.

Joko Anwar berpose bersama para produser Perempuan Tanah Jahanam di Press Screening Perempuan Tanah Jahanam, Epicentrum XXI (10/10/19) /kabarsidia.com-Keli

Film yang diperankan Tarra Basro, Asmara Abigail, Ario Bayu, Marissa Anita dan Christine Hakim merupakan produksi pertama BASE Entertainment bekerja sama dengan Ivanhoe Picture (Amerika Serikat), Rapi Film, Logika Fantasi dan CJ Entertainment (Korea Selatan) menampilkan kisah otentik kearifan lokal Indonesia dengan tema yang universal, tentang sejarah keluarga dan masa lalu dengan penuturan cerita thriller khas Joko Anwar menjadikan film yang akan tayang 17 Oktober patut ditunggu penggemar film nasional, khususnya penggemar genre horor-thriller.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here