Cireng atau nama lengkapnya Aci Digoreng merupakan jajanan hits zaman SD pada era 80-an. Jajanan ini kembali nge-hits berkat beberapa inovasi yang dilakukan oleh para penjual. Sebut saja saat ini ada Cireng Rujak, Cireng dengan beragam macam isi dan cireng lainnya yang sedikit berbeda dari aslinya.

Jajanan ini berasal dari Sunda, Jawa Barat. Jajanan pinggir jalan ini sempat menjadi primadona cemilan yang mewarnai generasi 80-an. Dikenal dengan nama Cireng yang berati Aci Digoreng ini diakrenakan bahan bakunya menggunakan tepung kanji dan dimasak dengan cara digoreng.

Kenapa banyak orang yang mengidolakan jajanan cireng ini? Hal ini ternyata terletak pada tekstur cireng yang unik. Jika adonan cireng digoreng pada minyak panas, akan langsung mengembang menjadi besar diatas minyak panas. Namun setelah dingin teksuturnya akan kempes dan kembali seperti semula.

Tidak hanya itu saja, cireng juga memiliki keunikan pada saat disantap. Bagian luar cireng ini memiliki tekstur yang garing dan kriyuk, tetapi jika kita sudah menggigitnya maka rasa kenyal pun akan meledak di mulut Anda. Inilah kenapa cireng menjadi jajanan hits yang tak akan pernah mati dimakan waktu.

Saat ini banyak pelaku bisnis khususnya dibidang kuliner yang melakukan berbagai inovasi terhadap jajanan asal Sunda tersebut. Mulai dari menciptakan beragam saus pendukung untuk cireng, hingga membuat cireng yang dilengkapi dengan isi.

Cireng isi ini pun memiliki beragam rasa yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Jika Anda membeli di penjual gerobak dorong, maka cireng rasa yang ditawarkan berupa rasa ayam, oncom, keju, sosis, bakso, dan daging. Salah satu saus yang populer untuk jajanan cireng ini adalah bumbu rujak.

Bumbu rujak disini hampir mirip dengan sambal rujak buah pada umumnya, hanya terdapat sedikit perbedaan pada rasa yang tidak terlalu menyengat seperti bumbu rujak buah. Tak hanya menciptakan cireng isi maupun saus cireng saja, pelaku bisnis ini juga menciptakan cireng dalam bentuk frozen, yang artinya Anda bisa menggoreng sendiri kapan saja asalkan disimpan pada lemari pendingin.

Harga yang relatif murah dan rasa yang enak serta gurih ini membuat cireng tak akan pernah hilang dan tergantikan dengan berbagai jajanan pinggir jalan lainnya. Hmm jadi mau makan cireng ya? hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here