Siapa yang enggak kenal dengan Clueless? Sebuah film remaja yang hits banget di era 90an. Film ini mengisahkan sosok Cher Horowitz yang diperankan Alicia Silverstone, dikenal sebagai cewek remaja yang stylish dan senang membantu temannya. Cher juga punya hobi mengoleksi pakaian dari designer terkenal seperti Calvin Klein hingga Alaia.

Di sini ada tiga remaja yang notable, Alicia Silverstone, Paul Rudd yang sekarang namanya kembali menjulang sejak tampil di “Ant Man”, dan Britanny Murphy yang meninggal karena sakit.

Film ini khas remaja kaya raya yang hidupnya seolah sederhana dari pesta, belanja, dan pacar. Untunglah si Cher punya misi yang positif dan sahabatnya, Dionne, juga punya hubungan jangka panjang dengan pacarnya.

Sikap Cher yang serba rapi dinilai palsu oleh Josh. Salah satu soundtrack film ini adalah FakePlastic Tree karya Radiohead yang judulnya mungkin menyindir sikap Cher meski sebenarnya lagunya lebih ke tema lingkungan.

Berbicara mengenai film remaja era 1990an, film “Clueless” ini di-release pada tahun 1995, menggambarkan kehidupan drama remaja yang bukan cuma sukses sebagai materi tontonan yang menghibur, tapi juga memberikan sumbangsih sangat besar. Gak hanya sebatas genre film remaja, film ini juga sedikit banyak mempengaruhi gaya bercerita film-film remaja Hollywood sampai pada trendfashion remaja di dunia nyata saat itu tak luput dari pengaruh “Clueless”.

Di dalam film ini, trendfashion era 90-an yang banyak ditampilkan, adalah gaya high waisted & Crop Top.

High Waisted adalah model bawahan bisa berupa celana ataupun rok mini, yang biasa dipakai di atas pinggang.

Sedangkan Crop Top adalah model atasan dengan potongan panjang bajunya pendek, bisa jadi menggantung sepanjang tengah-tengah perut.

Fashion di film ini memberi angin segar pada masanya, karena saat itu gaya dandanan “Grunge”, sedang booming di Amerika Serikat. Tapi sebagian remajanya sudah merasa cukup bosan berpakaian ala rock band, soo…mereka pengen mencoba style fashion yang baru. Makanya, ga heran kalo Preppy style ini  disebut sebagai cerminan khas film tersebut, dan bahkan menjadi sebuah Trend Fashion baru yang sangat digandrungi remaja-remaja era 90-an.

Beberapa fashion item ikonik yang sering dikenakan si tokoh “Cher” adalah PLAID yellow skirt suit, dimana rok mini berwarna kuning yang  bermotif kotak-kotak dengan jahitan berlipat di seputaran rok tersebut. Selain itu Beret, mary jane shoes atau sering kita sebut sepatu pantofel, sampai kaos kaki atau stocking panjang hingga batas dengkul

Film yang kocak juga, dan masih asyik ditonton hingga saat ini. Apa lagi storyline dari film “Clueless”  yang menarik itu,  bersanding dinamis dengan Trend Fashion yang ditampilkan oleh para tokohnya. Duuhh…kebayang indahnya masa muda belia dulu.

Sumber : time.com, costumeplaybook.com, PinsDaddy.com. Image : Google.com

 

[ai_playlist id=”926″]

© Capitol Records. Inc

1 COMMENT

  1. It’s really a great and useful piece of information. I am glad that you shared this helpful info with us. Please keep us up to date like this. Thank you for sharing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here