Cokelat Cap Ayam Jago
Cokelat Cap Ayam Jago

Mengenang jajanan semasa sekolah terutama jajanan cokelat memang membuat kita menjadi rindu masa-masa berseragam sekolah. Salah satu jajanan cokelat yang terkenal pada era 80-an adalah cokelat cap ayam jago.

Cokelat cap ayam jago ini diproduksi oleh PT. Ceres. Dahulu merek-merek cokelat ternama seperti Silverqueen, Toblerone atau Cadburry belum masuk ke pasar Indonesia. Sehingga cokelat cap ayam jago ini menjadi legendanya cokelat pada era 1980 hingga 1990-an.

Mengapa cokelat ini dinamakan cokelat cap ayam jago? Karena pada bagian luar kemasan terdapat logo cap ayam jago dengan warna dominan putih dan merah, sama seperti bendera Indonesia. Dahulu bahan kemasan pada cokelat cap ayam jago ini menggunakan kertas hvs dan pada bagian dalam barulah dilapisi kertas berwarna silver.

Cokelat Cap Ayam Jago
Cokelat Cap Ayam Jago

Jika Anda mengalami masa-masa mencicipi cokelat cap ayam jago, pastinya Anda pernah juga merasakan sensasi mengirim surat kepada pujaan hati melalui cokelat cap ayam jago ini dong? Biasanya remaja pada era 80 hingga 90-an menyisipkan sebuah surat untuk sang pujaan hati yang diselipkan dibagian bungkus cokelat cap ayam jago ini. Hayo kalian pernah ga ngirim surat pakai cokelat cap ayam jago ini?

Satu hal yang membuat cokelat cap ayam jago ini menjadi legenda cokelat adalah karena rasanya yang tidak terlalu manis dan harganya yang murah dikantong para remaja dan anak-anak. Jadi ga ada tuh istilah ‘mending beli beras dibanding beli cokelat’ hehehe.

Saat ini keberadaan cokelat cap ayam jago sudah sulit ditemui, terlebih di Jakarta. Hal ini bukan karena PT. Ceres selaku produsen yang memproduksi cokelat cap ayam jago tidak mengelurkan produknya lagi. Namun memang PT. Ceres tidak memproduksi dalam jumlah yang banyak, sehingga kelangkaan itu pun terjadi. Meskipun demikian, produk cokelat cap ayam jago ini masih bisa kita jumpati di beberapa toko grosir yang memang sengaja dipasok produk cokelat cap ayam jago ini.

Selain kelangkaan dari produk cokelat cap ayam jago ini sendiri, ada satu hal yang hilang dari orisinilitas cokelat cap ayam jago, yaitu kemasan yang berubah. Kini cokelat cap ayam jago tidak lagi menggunakan kertas hvs yang bisa diselipkan surat di dalamnya. Saat ini kemasan cokelat cap ayam jago sudah berubah menggunakan plastik, dengan warna dominan merah.

Meski demikian, cita rasa produk cap ayam jago ini masih sama seperti dulu. Tidak terlalu manis dan tetap tipis pada tekstur cokelatnya. Inilah keunikan yang ada pada cokelat cap ayam jago. Murah, tipis, dan tidak terlalu manis. Jadi kangen makan cokelat cap ayam jago ya? hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here