Mengenang era otomotif masa lalu memang menjadi kenikmatan tersendiri, terlebih bila kita membandingkan pencapaian teknologi otomotif yang saat ini kita gunakan. Bergeser ke pertengahan dekade 80-an, kala itu dikenal sosok kendaraan pick up dan minbus Daihatsu Hijet 1000. Berbentuk ‘kotak’ dengan sudut kaku, kendaraan asal Jepang ini sukses merajai pasar Indonesia dengan harga jualnya yang relatif terjangkau bagi kebanyakan warga.

Baca juga: Daihatsu Taft “Kebo” F50 (1979) – Pernah Jadi Jawara Offroad Dekade 80-an

Meski kendaraan ini lebih banyak berseliweran dalam wujud minibus, namun awalnya Hijet 1000 adalah kendaraan pick up. Hijet 1000 diperkenalkan Daihatsu pada tahun 1980. Daihatsu Hijet dirilis untuk menggantikan Daihatsu Hijet 55. Yang pada saat itu memakai mesin 550cc.

Daihatsu Hijet 1000 ini memakai mesin 3 silinder 1000 cc. Dan mesin tersebut sama dengan mesin yang dipakai oleh Daihatsu Charade. Perbedaannya, hanya dibagian pergerakan rodanya saja. Kalau Daihatsu Charade memakai gerak roda bagian depan. Sedangkan mobil Daihatsu Hijet, memakai gerak roda bagian belakang.

Yang mungkin belum Anda tahu, ternyata Hijet 1000 disebut sebut sebagai salah satu mobil rakitan Indonesia yang pertama. Persisnya generasi Hijet 1000 didatangkan dari pelabuhan Kobe di Jepang. Dan masih dalam bentuk part atau biasa disebut dengan CKD. Selanjutnya di rakit ke Indonesia. Sesampainya di Indonesia, mobil yang satu ini, dirakit oleh PT. Gaya Motor. Agar bisa menjadi sebuah mobil dalam keadaan utuh. Dan mobil ini dirangkit langsung, oleh tangan orang Indonesia. Inilah yang menyebabkan mobil ini disebut sebagai mobil rangkitan Indonesia.

Awal kemunculan Hijet 1000 cuma diedarkan dalam bentuk pick up. Tetapi karena adanya banyak permintaan. Maka dibuatlah sebuah versi minibus. Dan menggandeng sebuah perusahaan karoseri yang berasal dari perusahaan lokal. Sejumlah karoseri lokal ini, ditunjuk untuk membuat mobil Hijet minibus tersebut. Dan antara lain seperti karoseri New armada, Gajahmada, Abc, Laksana, Tugas Kita, Adi Putro dan masih banyak lainnya.

Di negara asalnya, Hijet 1000 lebih dikenal sebagai kei car. Regulasi dari Kei car ini dapat di bilang mirip dengan aturan LCGC, atau Low Cost Green Car di Tanah Air.

Kelebihan dari mobil Daihatsu Hijet 1000 ini terbilang sangat banyak. Salah satunya ialah mesin mobil Daihatsu 3 silinder ini sangat tangguh. Dan sangat terkenal handal saat melaju di jalan tanjakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here