Image : eonline.com

Para penggemar serial TV remaja 90an Dawson’s Creek, tidak perlu menunggu lama untuk melihat pemainnya reuni.Untuk merayakan 20 tahun (what??!! udah segitu lamanya yah?..)  sejak serial ini pertama kali tayang di 1998, James Van Breek (Dawson), Katie Holmes (Joey), Joshua Jackson (Pacey) dan Michelle Williams (Jen) berkumpul kembali di special anniversary photo shoot untuk cover majalah Entertaintment Weekly. “Saya rasa kita selalu bertemu satu sama lain selama ini, tapi tidak pernah berkumpul semua dalam satu kesempatan”, kata Katie Holmes mengenai reuni ini di kutip dari Justjared.com.

Bercerita tentang kehidupan pertemanan dan kisah cinta masa remaja di sebuah kota fiksi bernama Capeside, Dawson’s Creek memberikan warna lain dalam penyuguhan cerita maupun visual sebuah TV series berlatar kehidupan remaja. Cerita segitiga antara Dawson, Joey dan Pacey adalah alur cerita yang gak umum untuk serial remaja, dimana sang cewek mempunyai cinta “tak tergoyahkan” yang tidak perlu dipertanyakan, sang cewek milik laki-laki tidak ada yang lainnya, bergeser menjadi kisah cinta yang menghargai independen si cewek. Penggambaran cinta tulus dan posesifnya Dawson terhadap Joey, berubah menjadi cerita tentang Joey sendiri dan pecahnya persahabatan antar Dawson dan Pacey.

Image : Dawson’s Creek Facebook

Banyak serial TV bertema remaja berlatar perkotaan dengan segala hiruk pikuk kesibukan khas kota besar, Dawson’s Creek justru berlatar kota kecil dengan pemandangan menyejukkan. Alam di sekitar kota Cape Side terlihat begitu indah, siapa yang gak jatuh hati melihat danau serta dermaga kecil tempat Dawson dan kawan-kawan biasa bercengkrama? Tempat itu sangat ikonik dan menjadi ciri khas seri TV itu. Sepertinya Capeside adalah tempat tinggal impian. Iissh..jadi inget opening credit scene seri ini dengan theme song-nya dari Paula Cole – “I Don’t Wanna Wait”.

Pencipta TV seri ini adalah Kevin Williamson, ini sebenarnya proyek untuk menyegarkan pikirannya setelah Kevin sukses membesut franchise film layar lebar “Scream”. Dalam perjalannya serial ini pun sempat mengalami perpecahan di balik layar, Kevin sempat meninggalkan serial ini dipertengahan season dan diganti oleh penulis muda yang waktu itu masih berusia 27 tahun, Greg Berlanti, sekarang ia adalah orang dibalik kesuksesan TV series di saluran WB antara lain “The Flash” dan “Supergirl”.

Image : Dawson’s Creek Facebook

Saat Dawson’s Creek butuh ide segar – setelah ditinggal Kevin Williamson- agar tidak ditinggal penggemarnya, Greg mempunyai ide “sinting” yang (pastinya) di protes semua orang. Pacey mencium Joey, yess.. itu adalah idenya si Greg. Ia mempunyai ide tentang cinta segitiga, padahal Joey adalah ceweknya Dawson, mereka tuh soulmate, dan itu yang bikin seri ini di cintai penggemarnya. Tapi Greg kekeuh, saat meeting ia menggambar segitiga di papan menulis “Pacey” di satu titik, “Joey” di titik satunya dan “Dawson” di titik lain. Pacey mencium Joey, saya serius, ujarnya saat itu.

Cinta segitiga menjadi masalah dramatis yang menciptakan banyak cerita lainnya di serial Dawson’s Creek, suka tidak suka Pacey akhirnya memang mencium Joey dan penggemar serial ini pun ikutan “terpecah” menjadi “Team Dawson” dan “Team Pacey”. Serial ini berlanjut hingga season 6 di tahun 2003. Kevin Williamson tidak mempunyai masalah apabila serial ini akan di buat ulang atau reboot, asalkan saya tidak terlibat, begitu katanya. Dilansir dari Variety.com, Kevin mengatakan dia tidak merasa dapat memberikan pertunjukan dengan materi emosional baru saat berkomentar pada sebuah diskusi selama reuni pemain, di mana para aktor merenungkan kemungkinan untuk kembali.

Akhir alur cerita seri ini pun sama-sama kita ketahui, ada yang happy tapi kayaknya lebih banyak lagi yang mewek. Setelah bertahun-tahun mencabik-cabik hati penggemarnya, Dawson’s Creek mengakhiri perjalanannya di TV di 2003. Buat generasi 90’an, serial ini adalah salah satu dari sedikit TV seri di era 90’an yang melekat dan bikin susah lupa sampai sekarang. Cinta segitiga Dawson, Joey dan Pacey telah membuat jutaan penonton jatuh hati pada serial ini. What a Bizzare Love Triangle

 

Image : Entertainment Weekly

Biar nostalgianya lebih lengkap, nih ada opening credit scene dari Dawson’s Creek.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=GVRmCQdtK4w[/embedyt]

 

 

 

And Here’s some songs from OST Dawson’s Creek

 

© Sony Music Entertainment, Warner Bros. Records

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here