Batagor, makanan khas Bandung ini memang memiliki banyak penggemar, mulai dari anak-anak sampai orang tua masih menjadikan batagor sebagai makanan favorit. Banyak pedagang yang berjualan batagor, sehingga batagor mempunyai banyak wajah. Mulai dari batagor elite yang tampilan dan penyajiannya lebih berkelas, biasanya batagor elite seperti ini dapat dijumpai di area perkantoran, hotel, atau cafe yang menyajikan menu batagor. Sampai dengan batagor kampung, batagor kampung biasanya dijual di sekolah-sekolah SD, dipinggiran jalan raya, atau bahkan berkeliling di area rumah Anda.

Tetapi apakah Anda tahu apa arti dan asal muasal dari mana batagor berasal? Batagor adalah sebuah singkatan dari ‘Bakso Tahu Goreng’. Batagor berasal dari Bandung dan ditemukan pertama kali pada tahun 1973 oleh seseorang bernama Ihsan. Ihsan adalah pencetus batagor yang sekarang telah menjadi salah satu ikon kuliner kota Bandung. Bermula dari ketidak sengajaan Ihsan menemukan batagor saat dirinya merasa putus asa dengan dagangan baksonya yang kurang laku, dan selalu sisa. Karena bakso yang Ia dagang selalu sisa, Ihsan pun memutar otak bagaimana agar sisa bakso ini tetap menghasilkan uang tanpa harus dibuang.

Akhirnya Ihsan mengolah kembali sisa bakso dengan menggorengnya dengan tahu, dan membagikannya ke tetangga. Tak disangka ternyata tetangga Ihsan menyukai bakso dan tahu goreng yang Ia buat, bahkan ada yang sampai memesan pada Ihsan untuk dibuatkan dalam jumlah banyak. Nah, dari situlah batagor mulai melebarkan sayapnya di jalur kuliner.

Batagor memang banyak terdapat di Bandung, Bogor, dan kawasan lain di Jawa Barat, tetapi kini Batagor sudah merambah dan disukai masyarakat lainnya yang berada di luar daerah Jawa Barat.

Dan mengapa batagor bisa memiliki banyak penggemar? Karena salah satu hal yang disukai dari batagor adalah cara penyajiannya dan pembuatannya yang mudah serta memiliki rasa dan aroma yang enak. Apalagi jika ditambahkan dengan perasan jeruk nipis diatasnya, dan potongan timun, wah… pasti akan lebih menggugah selera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here