Malang, salah satu kota di Jawa Timur yang penuh dengan aneka ragam kuliner yang sudah berdiri sejak zaman kolonial Belanda. Salah satu tempat kuliner yang bisa Anda kunjungi adalah Depot Hok Lay. Tempat ini terletak di Jalan K.H Ahmad Dahlan No.10, Malang, Jawa Timur.

Berkunjung ke kota Malang tak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner yang satu ini. Depot Hok Lay merupakan salah satu tempat kuliner yang bisa menjadi salah satu referensi wisata kuliner di Malang.

Depot Hok Lay Malang

Depot Hok Lay pertama kali didirikan oleh Tio Hoo Poo pada tahun 1946. Menu andalan yang ditawarkan oleh Depot Hok Lay ialah pangsit cwie mie, fosco, dan juga lumpia semarang. Sajian cwie mie di Depot Hok Lay ini memiliki tekstur yang lebih tipis dari mie kebanyakan.

Dalam semangkuk cwie mie biasanya dilengkapi dengan irisan daging ayam yang dicincang,, sawi hijau, daun bawang, pangsit goreng, dan tak lupa taburan bawang goreng. Salah satu nilai tambah yang bisa ditemukan di Depot Hok Lay ialah penggunaan bahan-bahan yang tidak menggunakan pengawet. Hal ini lah yang membuat cwie mie di Depot Hok Lay berbeda dari biasanya.

Selain memiliki menu andalan, Depot Hok Lay juga memiliki desain interior yang tergolong klasik nan unik. Dimana pada bagian kursi tiap pengunjung akan dibatasi dengan sebuah sekat setinggi kurang lebih satu meter. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga privacy tiap pengunjung.

Cwie Mie Depot Hok Lay Malang

Bahkan untuk bagian lantai di Depot Hok Lay juga masih mempertahankan penggunaan kramik jadul. Tak sedikit sudut-sudut kramik sudah menimbulkan bercak berwarna hitam. Bercak hitam tersebut juga yang menandakan bahwa usia lantai keramik Depot Hok Lay sudah cukup lama.

Saat ini Depot Hok Lay sudah dipegang oleh generasi keduanya, yaitu Goentaroem Suryawidjaja. Ia merupakan anak kandung dari Tio Hoo Poo, yang memegang hak waris setelah Tio Hoo Poo meninggal dunia. Pengelolaan dari Depot Hok Lay diurus langsung oleh isteri dari Goentaroem Suryawidjaja, Maria Elina Permata yang juga dibantu oleh anaknya, Sri Indajani Suryawidjaja dan Budiman Suryawidjaja.

Meski sudah hadir sejak zaman kolonial Belanda, Depot Hok Lay tetap mempertahankan cita rasa yang khas dan sama sejak dulu kala. Maria sebagai pengelola dan penerus dari Depot Hok Lay bahkan meracik dan membuat sendiri bahan makanan dan resepnya.

Desain interior Depot Hok Lay Malang
Desain interior Depot Hok Lay Malang

Selain menyajikan makanan andalan, Depot Hok Lay juga memiliki minuman andalan berupa susu murni yang dicampur dengan cokelat. Minuman ini dinamai dengan nama Fresco, yang penyajiannya menggunakan botol kaca dari salah satu minuman bersoda ternama.

Jika Anda sedang mengunjungi kota Malang, sempatkan waktu untuk singgah ke Depot Hok Lay yang terletak di Jalan K.H Ahmad Dahlan No.10, Malang, Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here