Masih ingat dengan nama Capri-Sonne? Atau SAP? Mungkin kedua nama ini terdengar tidak asing di telinga generasi 1980 hingga 1990-an. Kedua nama tersebut merupakan jenis minuman yang sempat populer dan meramaikan aneka jajanan khas generasi jadul. Berikut ini adalah deretan nama minuman jadul yang akan membawa kamu nostalgia dan rindu untuk mencicipinya kembali.

  1. Capri-Sonne

Produk minuman yang berasal dari Jerman ini sempat meramaikan dan menemani generasi muda di tahun 1980 hingga 1990-an. Capri-Sonne merupakan jenis minuman yang tergolong unik dan berbeda dari biasanya. Pasalnya, kemasannya menggunakan aluminium foil dengan lubang pada bagian tengah untuk memasukan sedotan.

Baca Juga : Populer Sebagai Bakpao Sepeda, Inilah Salah Satu Kuliner Tertua

Capri-Sonne ini masuk ke dalam golongan minuman kelas menengah atas karena harganya yang cukup mahal pada era tersebut. Peluncuran awal dari produk asal Jerman ini hanya menyajikan rasa nanas saja. Namun, seiring berjalannya waktu, Capri-Sonne menambah varian rasa lainnya, seperti jeruk, anggur, apel, strawberry, dan juga Alaska ice tea.

  1. RC Cola

Sebelum era Coca Cola muncul dan menjadi minuman soda nomor satu, generasi 1980-an hingga 1990-an memiliki minuman soda favoritenya sendiri, yaitu RC Cola. Kepopuleran RC Cola bahkan sempat merajai para pedagang pinggir jalan untuk menjualnya. Sayangnya kemunculan Coca Cola menggeser posisi RC Cola sebagai minuman soda favorit generasi 1980 hingga 1990-an.

  1. Soda Badak

Minuman soda asli dari Indonesia yakni Soda Badak juga menjadi salah satu minuman andalan generasi 1990-an. Bahkan keberadaanya sampai saat ini masih bisa kita jumpai dan rasakan, meskipun sedikit sulit dan membutuhkan sedikit perjuangan untuk mendapatkannya.

Soda Badak berasal dari Siantar yang di produksi di Indonesia pada tahun 1916. Sekilas rasa dari Soda Badak ini hampir mirip dengan minuman rootbeer loh.

  1. SAP

Masih ingat dengan minuman rasa moka atau sirsak dengan kemasan botol kaca? Kemasan yang unik dengan dua jenis rasa ini menjadi salah satu minuman rasa pilihan generasi 1980an. Minuman ini tidak mengandung soda namun tetap menyegarkan di kala dahaga melanda.

Meski hanya menyajikan dua varian rasa, uniknya kemasan botol dan logo untuk SAP ini memiliki desain berbentuk apel dengan warna merah. Berbeda dengan sajian rasanya bukan?

  1. Green Spot

Siapa yang tak kenal dengan minuman Green Spot dengan warna orange ini? Minuman bercita rasa jeruk ini merupakan generasi pertama disbanding minuman saingan lainnya yang juga memiliki cita rasa sama. Bahkan, sekelas Fanta pun masih tergolong minuman baru yang kalah populer dengan Green Spot.

Akan tetapi Green Spot perlu mengakui kekalahannya terhadap competitor Fanta yang menggerus eksistensi Green Spot di pasaran.

Wah jadi rindu dan mau coba minuman-minuman jadul diatas ya? Memang persaingan bisnis di era saat ini tergolong sangat pesat dan harus selalu mengikuti perkembangan zaman. Jika para produsen tidak melakukan inovasi dan pengembangan, pastinya akan jauh tertinggal hingga akhirnya gulung tikar karena tergerus zaman. Gimana nih anak nongkrong era 1980 hingga 1990-an dengan nostalgia minuman hits pada masa kalian? Pernah mencicipi salah satunya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here