Yogyakarta kota cinta, begitulah kiranya sebutan yang pas untuk menggambarkan kota yang dipenuhi dengan berbagai tempat romantis bernuansa minimalis namun sarat dengan nilai artistik karena tempat-tempat di Yogyakarta adalah peninggalan sejarah. Berkunjung ke Yogyakarta menjadi suatu pilihan tepat untuk merawat sebuah kenangan, suasana yang tenang dan ramah, angin sepoy-sepoy yang menyambut kedatangan dengan sedikit cuaca terik yang membuat kulit semakin eksotik adalah daya tarik kota Jogja yang cantik.

Ada yang kurang rasanya ketika Anda berkunjung ke kota romantis ini tidak mengunjungi Taman Sari, kastil air yang indah di dekat keraton Yogyakarta. Dari Malioboro Taman Sari bisa dikunjungi dengan berjalan kaki. Taman Sari Yogyakarta merupakan kastil di tengah danau yang digunakan sebagai tempat tetirah para raja dan permaisuri pada masa lampau. Beruntung kalian hidup di jaman sekarang, karena pada jaman dahulu yang boleh memasuki Taman Sari hanya Sultan dan keluarganya saja.

Taman Sari yang biasa disebut dengan waterkasteel oleh orang Belanda merupakan tempat pelesiran sekaligus tempat tetirah keluarga Raja Yogyakarta. Bangunan yang berdiri dengan memadukan arsitektur Belanda, Cina, Jawa, dan juga budaya Hindu dibangun pada masa pemerintahan Pangeran Mangkubumi atau yang biasa disebut dengan Sultan Hamengku Buwono I. Istana air ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada istri-istrinya karena telah membantu selama masa peperangan yang sulit.

Selain sebagai taman yang wajib dikunjungi saat pelesiran ke kota Yogyakarta,  Taman Sari juga kerap dijadikan tempat bermeditasi bagi sang Raja sekaligus tempat untuk merancang strategi perang. Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan bagi keluarga Raja. Maka tak heran, jika bangunan ini dilengkapi dengan menara pengawas dan lorong-lorong bawah tanah sebagai jalur pelarian. Konon lorong-lorong rahasia tersebut mengarah ke kawasan Pantai Selatan.

Pesona keindahan Taman Sari memang tak bisa begitu saja dilewatkan, suara gemericik air di tengah suasana tenang beratapkan langit biru dan awan putih membuat lokasi Taman Sari menjadi tempat indah nan romantis. Taman Sari bisa menjadi pilihan tepat untuk lokasi prewedding dengan berbagai spot romantis yang ada di Taman Sari. Selain terdapat spot romantis yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen indah bersama pasangan, spot menarik lainnya yang ada di Taman Sari adalah Gedung Kenongo yang terletak di sebelah Plaza Ngasem. Saat ini Gedung Kenongo hanya menyisakan reruntuhan yang eksotik. Sebagai tempat tertinggi dari Kompleks Taman Sari, Anda bisa menyaksikan keindahan Kota Jogja maupun sunset yang menawan dari tempat ini.

Sepertinya cukup sampai sini saja menceritakan tentang keindahan Taman Sari yang berada di kota Yogyakarta, tak semua keindahannya bisa dituangkan dalam satu artikel saja. Lebih baik segera kemas barang bawaan Anda lalu pelesiranlah ke kota Yogyakarta dan kunjungi Taman Sari bersama orang terkasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here