Generasi 1980-an bersiaplah untuk nostalgia bersama dengan salah satu film karya Joko Anwar yang dijadwalkan tayang pada tahun 2019 mendatang. Pasalnya karya Joko Anwar tersebut di angkat dari sebuah komik yang nge-hits pada tahun 1980-an, Gundala Putra Petir.

Baca juga: Ken Ken – Sosok Wiro Sableng Yang Melegenda di Era 90-an

Gundala Putra Petir ini merupakan sebuah komik karya dari seorang komikus Indonesia, Harya Suraminata atau akrab dikenal dengan nama Hasmi. Komik fiksi yang menceritakan seorang superhero asal Indonesia ini juga pernah diangkat ke layar lebar, tepatnya pada tahun 1981.

Film pertama yang diadaptasi dari komik tersebut pun diberi judul yang sama dengan komiknya, Gundala Putra Petir. Film superhero ini diperankan oleh Teddy Purba, Ami Prijono, Anna Tarias, hingga WD. Mochtar. Film Gundala Putra Petir yang populer tahun 1981 ini disutradari oleh Lilik Sudjio.

Secara garis besar, Gundala Putra Petir menceritakan tentang kisah seorang peneliti bernama Sancaka, yang diperankan oleh Teddy Purba. Saat itu Sancaka sangat giat mendalami ilmunya dalam meneliti penemuan serum anti petir. Sancaka pun disibukan dengan penelitiannya, hingga sang kekasih Minarti (Anna Trias) memutuskan hubungan dengannya.

Sancaka pun dilanda kesedihan dan kegalauan akibat berpisah dari kekasihnya. Ia pun meratapi kesedihan dan kesendiriannya dengan berlari dibawah hujan deras. Hingga sebuah petir pun menyambar dirinya saat ia sedang berlari disebuah tanah lapang.

Sancaka pun dinyatakan koma seketika, dirinya pun diangkat sebagai seorang anak dari sebuah Kerajaan Petir, Kaisar Kronz. Sancaka pun diberikan kekuatan super yang terletak pada telapak tangannya. Kekuatan itu pun mampu menciptakan sebuah petir yang dahsyat. Tak hanya itu saja, Sancaka pun diberikan kekuatan super berupa kecepatan berlari oleh Raja Taifun dari kerajaan Bayu.

Sejak saat itulah, Sancaka mulai tampil sebagai sosok superhero berkekuatan petir lengkap dengan pakaian ketatnya yang berwarna hitam, dan sepasang sepatu serta cawat berwarna merah. Tak hanya itu saja, Sancaka pun dilengkapi dengan topeng yang menutupi hampir keseluruh wajahnya.

Demi membangkitkan rasa rindu dan nostalgia kisah superhero asli Indonesia ini, Joko Anwar ditunjuk sebagai sutradara dan penulis langsung untuk Screenplay Film dan BumiLangit Studios. Joko Anwar akan kembali menghadirkan sosok Sancaka dalam film berjudul Gundala yang akan tayang pada tahun 2019 mendatang.

Poster Film Terbaru Gundala Karya Joko Anwar

Jika pada film tahun 1981 Cancer Mas Film ditunjuk sebagai tim produksi atas film Gundala Putra Petir, kali ini Joko Anwar akan bekerjasama dengan Legacy Pictures sebagai rekan produksinya. Sebelum nama Joko Anwar santar sebagai sosok yang akan meremake Gundala Putra Petir, nama Hanung Bramantyo sempat muncul sebagai sutradara yang akan membangkitkan nostalgia generasi 1980-an ini.

Namun sayangnya berita baik ini tidak berlanjut dan berlalu begitu saja sejak diumumkan pada tahun 2014 lalu di perayaan Popcon Asia. Saat itu Erick Thohir ditunjuk sebagai produser eksekutif, dan Hanung Bramantyo bertindak sebagai sutradara.

Baca juga: 6 Film Tahun 1990-an Yang Paling Membekas dan Melekat di Hati

Meskipun demikian, Joko Anwar akan tetap menjadi sutradara yang memegang kendali atas film besar yang sempat populer pada tahun 1981 ini. Lalu, siapakah sosok yang akan memerankan tokoh Sancaka pada karya terbaru Joko Anwar? Kabarnya, hal ini akan diungkap oleh Joko Anwar pada perayaan Indonesia Comic Con 2018, yang akan diselenggarakan pada 27 – 28 Oktober 2018 di Hall A & Hall B, Jakarta Convention Center. Nah generasi 1980-an, catat tanggalnya, dan jangan sampai terlewatkan ya!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here