Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar kata Casablanca? Sebuah mall mewah dengan runtutan kemacetannya sudah pasti menjadi jawaban nomor satu. Dibalik kemewahan kawasan Casablanca, terdapat secarik kisah mistis dengan dibangunnya Terowongan Casablanca.

Kawasan ini semula hanyalah kebun karet, tepatnya pada tahun 1970’an. Namun pada tahun 1997 Jalan Casablanca mulai diresmikan dengan total panjang hingga 5 km. Casablanca semakin menjadi perbincangan ketika total ruas jalannya ditambah hingga 20 km, yang menghubungkan antara Pondok Kelapa hingga perempatan Roxy.

Bertujuan sebagai kawasan central Jakarta, Jalan Casablanca ini dilengkapi dengan 6 buah jalan layang dan 3 buah underpass. Dimana salah satu jalan layang tepat di depan Mall Casablanca kerap kali menjadi sasaran empuk para petugas kepolisian untuk menindak para pelanggar aturan, terutama pengendara motor yang melintasi jalan layang.

Baca Juga:Ranjau-Ranjau Cinta (1984) : Film AADC-nya Generasi 80’an

Selain terkenal dengan kemacetan, kemewahan dan pelanggaran lalu lintas jalan layang, kawasan Casablanca juga terkenal dengan kisah mistis dibalik pembangunan Terowongan Casablanca. Banyak kisah yang menyebutkan bahwa terowongan tersebut dianggap angker dan sangat berbahaya bagi para pengendara.

Menurut cerita penduduk yang tinggal disekitar kawasan Casablanca, lokasi terowongan tersebut merupakan tempat pemakaman umum yang kemudian lokasinya dipindahkan demi pembangunan dan penghubung Jalan Casablanca. Bahkan saat pembongkaran dan pemindahan lahan makam, terdapat isu yang menyebutkan bahwa terdapat satu jenazah yang saat dipindahkan masih dalam keadaan utuh.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan Terowongan Casablanca dirasa cukup angker dan mistis. Kisah mistis ini pun diperkuat dengan kerap kali terjadi kecelakaan di terowongan tersebut yang mengakibatkan timbulnya korban jiwa. Tidak hanya itu saja, banyak saksi yang menyebutkan seringnya diganggu oleh makhluk halus penunggu Terowongan Casablanca dengan mengganggu penglihatan para pengendara, sehingga kecelakaan pun kerap terjadi.

Salah satu makhluk halus yang sering mengganggu para pengendara adalah sosok nenek tua. Sosok ini diduga sebagai korban tindak asusila bertahun-tahun yang lalu. Semula dia adalah seorang gadis cantik jelita, yang kemudian mendapat tindakan asusila hingga pemerkosaan. Arwahnya pun menjelma sebagai sosok nenek tua yang mengganggu para pengendara yang melintasi Terowongan Casablanca.

Kisah mistis dari Terowongan Casablanca tidak berhenti sampai disitu saja. Sejak dibangun sebuah terowongan, sempat ada kejadian aksi bunuh diri oleh seorang pria. Pria ini menggantungkan dirinya dengan sebuah spanduk di depan terowongan. Bahkan sempat muncul cerita mistis yang menyebutkan munculnya sosok kuntilanak merah yang menghuni Terowongan Casablanca. Sosok kuntilanak merah ini diduga korban pemerkosaan yang mayatnya dibuang di kawasan Terowongan Casabalnca.

Pada tahun 2007, cerita horror Terowongan Casablanca ini pun diangkat ke sebuah film oleh Nanang Istiabudi. Film ini pun menceritakan beragam kisah mistis yang kerap kali terjadi di terowongan terebut. Film Terowongan Casablanca diperankan oleh Asha Shara, Five Vi, Nino Vernandez, hingga Ray Sahetapy. Dari sepenggal cerita horor Terowongan Casablanca, pernahkah Anda mengalami kejadian aneh atau merasa tidak nyaman ketika melintasi Terowongan Casablanca? Pernahkan Anda membunyikan klakson kendaraan Anda ketika melintasi kawasan Terowongan Casablanca ini?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here