Dulu, di 90-an banyak orang-orang apalagi anak-anak sekolahan yang datang berbondong-bondong untuk bermain Dingdong. Tentunya, kamu masih ingat dengan permainan yang satu ini dong?

Permainan video game ini banyak digandrungi di Jakarta, namun masih hanya segelintir tempat yang masih menyediakan permainan dingdong. Meskipun saat ini banyak bermunculan berbagai jenis video game baru, anak-anak 90-an masih merindukan adanya dingdong sebagai sarana untuk bermain video game rasa jadul.

Tapi, apa kabarnya ya dingdong sekarang? Ternyata, di daerah Jakarta khususnya di Kampung Baru, Pademangan, Jakarta Utara masih ada tempat yang menyediakan permainan dingdong. Ciri khas tempat bermain dingdong dari dulu hingga sekarang tak pernah berubah, berada tepat di pinggir jalan dan tidak memiliki ruangan khusus justru menjadi suasana unik tersendiri bagi mereka yang hobi meluangkan waktunya untuk bermain di tempat dingdong.

Mesin Permainan Dingdong.

Kalau kamu kangen mau main dingdong, bisa datang ke daerah Kampung Baru, Pademangan itu. Untuk bermain dingdong di sana, kamu hanya perlu menyediakan uang lima ratus rupiah untuk mendapatkan dua koin. Harga tersebut bisa dibilang harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan video game model terbaru yang harga sewanya bisa sampai tiga ribu rupiah. Tapi, ini harga lama, mungkin sekarang harganya sudah berubah tapi pasti tidak akan melonjak terlalu jauh.

Dingdong sendiri adalah jenis permainan yang sudah dikenal sejak kurang lebih 30 tahun belakangan, orang-orang mengenalnya dengan mesin dingdong. Istilah Indonesia untuk gim arcade. Sejak 1972 di negeri asalnya, mesin arcade yang dioperasikan dengan koin ini dipasang di ruang-ruang publik seperti pusat perbelanjaan, bar, bioskop, dan lain sebagainya.

Permainan populer yang ada di dalam mesin dingdong itu biasanya adalah Pac Man, Frogger, Contra, Streer Fighter, Donkey Kong, Daytona USA.

Saat ini, di Indonesia, dingdong sudah tidak semarak dahulu, bahkan bisa dibilang barang langka. Walaupun gim arkade masih bisa dimainkan di game center seperti Timezone, Amazone, atau Fun World, dan di daerah Pademangan tadi, istilah dingdong tidak lagi dikenal oleh generasi muda. Mesin yang digunakan juga jauh lebih modern dari mesin dingdong era 1990an. Kalau kamu, pembaca kabarsidia.com tentunya masih ingat dong dengan permainan dingdong?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here