92th Academy Award, pagelaran terbesar dan bergengsi bagi para insan perfilman internasional, baru saja di selenggarakan tanggal 09  Februari 2020 lalu di Dolby Theater Los Angeles Amerika Serikat .

Ajang yang dikenal dengan perhelatan  piala oscar , kali ini banyak menciptakan sejarah baru, salah satu diantaranya adalah Film Parasite yang merupakan film dari Korea Selatan pertama dinominasikan untuk kategori film fitur internasional terbaik, film terbaik, serta sutradara terbaik dalam Oscars 2020.

Pemenang Piala Oscar 2020 dari film Parasite

Bila di Amerika Serikat ada Piala Oscar, di Indonesia kita mempunyai pagelaran yang serupa bagi insan perfilman di tanah air yaitu Festival FIlm Indonesia atau FFI yang memperebutkan Piala Citra.

Disadur dari situs festivalfilm.id beginilah sejarah singkat ajang Festival Film Indonesia

Festival Film Indonesia (FFI) merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia. FFI pertama kali diselenggarakan pada tahun 1955 dan berlanjut pada tahun 1960 dan 1967 (dengan nama Pekan Apresiasi Film Nasional), sebelum akhirnya mulai diselenggarakan secara teratur pada tahun 1973. Mulai penyelenggaraan tahun 1979, sistem Unggulan (Nominasi) mulai dipergunakan. FFI sempat terhenti pada tahun 1992, dan baru diselenggarakan kembali tahun 2004.

Pemenang Piala Citra 2019 – pada film Kucumbu tubuh indahku

Pada perkembangannya, diberikan juga penghargaan Piala Vidia untuk film televisi. Pada tahun 1966 mulai diberikan Piala Citra kepada pemenang penghargaan. Piala Citra yang dipergunakan hingga FFI 2007 ini merupakan hasil rancangan dari seniman patung (Alm) Sidharta. Ketika FFI yang semula diselenggarakan Yayasan Film Indonesia (YFI) diambil alih oleh pemerintah, tahun 1979, Piala Citra pun disahkan oleh Menteri Penerangan masa itu, yaitu Ali Murtopo. Citra sendiri yang berarti bayangan atau image awalnya adalah sebuah sajak karya Usmar Ismail. Sajak ini kemudian dijadikan sebagai karya lagu oleh Cornel Simanjuntak. Berikutnya Usmar Ismail menjadikannya sebagai sebuah film. Dalam tradisi FFI, Citra kemudian dijadikan nama piala sebagai simbol supremasi prestasi tertinggi untuk bidang perfilman.

Gak kalah menarik juga bukan? apalagi sekarang dirasa industri perfilman Indonesia banyak menelurkan Film yang berkualitas yang tidak kalah bagusnya dengan yang di negeri seberang sana.

Can’t wait untuk ajang FFI 2020.

Baca Juga : Teguh Karya: Sosok Bapak Sutradara Indonesia dan Spesialis Peraih Piala Citra

Baca Juga : Aktor Populer Itu Adalah Joaquin Phoenix

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here