Di Indonesia banyak sekali keragaman kuliner yang dapat memanjakan lidah para pecinta kuliner. Namun sebenarnya, tak hanya di Indonesia saja, di luar negeri pun juga memiliki keragaman kuliner.

Untuk perbandingan antara jenis kuliner di Indonesia dan di luar negeri, kali ini kabarisida.com ingin mengajak para pembaca untuk mengenal lebih dekat dengan sajian siput dan keong asal dua negara berbeda, Indonesia dan Perancis.

Apakah kamu pernah mendengar jenis makanan Kracak dari Indonesia? Kracak adalah nama sebuah keong sawah yang tidak beracun, walau jika mau memasaknya harus direbus terlebih dahulu agar lendir-lendirnya hilang terbuang saat dimasak. Kracak adalah jenis makanan yang biasa ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Olahan Kracak dari Indonesia

Sajian Kracak dari Indonesia ini dimasak dengan menggunakan bumbu kuning yang berkuah rempah dan bisa ditambahkan cabai agar terasa pedas sesuai dengan selera. Kracak dagingnya seperti kerang, lunak dan tidak bertulang. Cara unik untuk memakan Kracak adalah dengan cara ‘dicutik’ dari cangkangnya menggunakan garpu kecil atau tusuk gigi.

Jika Indonesia punya Kracak, Negara Perancis juga mempunyai sajian siput atau sejenis bekicot bernama ‘Escargot’. Apakah sebelumnya kamu sudah pernah mendengar nama makanan asal Perancis ini?

Escargot merupakan makanan di Negara Perancis yang berbahan dasar siput atau bekicot yang tidak beracun. Di Perancis, hewan melata ini justru menjadi menu makanan yang mewah dan mahal. Escargot ala Perancis memiliki rasa yang unik dan nikmat, apalagi dengan rasa keju dan saos mayonnaise yang bercampur dengan daun peterselli khas Perancis membuat Escargot menjadi istimewa di lidah.

Olahan Escargot dari Perancis

Pasalnya, harga Escargot mahal dengan satu buah ekor siput atau bekicot dihargai Rp. 10.000,-. Jadi, kalau kamu mau menikmati 10 buah bekicot kamu perlu merogoh kocek hingga Rp. 100.000,-. Kracak dari Indonesia tidak bisa dikatakan mahal karena harga jualnya hanya Rp.10.000,- per bungkus, Kracak berasal dari keong sawah dan Escargot juga berasal dari salah satu jenis bekicot yang berasal dari Indonesia namun dijual dengan harga yang mahal di Perancis.

Jadi, kamu lebih pilih untuk cobain yang mana? Kracak atau Escargot?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here