Namanya Bukit Kitiran, lahan seluas 6000 meter persegi yang penuh ‘ditanami’ oleh 2500 baling-baling plastik berwarna-warni ini berada di Kota Batu, Jawa Timur. Dulunya, taman baling-baling ini adalah kebun jeruk, namun sekarang sudah diubah menjadi destinasi wisata yang indah.

Lahan perkebunan yang membentuk lembah itu kini tampil cantik dengan hiasan baling-baling plastik warna-warni. Meskipun, sebelumnya ribuan pohon jeruk mesti ditebang untuk mempersiapkan lahan lokasi wisata Bumi Kitiran.

Pemandangan yang ditawarkan memang memanjakan mata. Kitiran (baling-baling plastik) itu ditata membentuk blok-blok warna. Mulai warna hijau, merah, kuning, biru, jingga, biru tua. Juga beberapa kitiran yang dirangkai dengan kerangka khusus misalnya kepala singa, bintang, dan lain-lain.

Ribuan baling-baling plastik di Bukit Kitiran, Kota Batu.

Saat angin berhembus, ribuan baling-baling itu akan berputar serempak dengan bunyi berdesir. Bukit Kitiran kerap kali jadi sasaran destinasi para pelancong, karena saat ini mungkin sudah tidak banyak orang yang mengenal apa itu kitiran atau baling-baling.

Hal itulah yang juga mendorong sang pemilik taman baling-baling untuk kembali membumikan kitiran yang juga merupakan mainan anak-anak di jaman dulu. Apalagi di area tersebut angin juga berhembus cukup kencang, sehingga sangat tepat keberadaan wahana wisata Bumi Kitiran ada di atas bukit.

Pemandangan baling-baling plastik warna-warni di Bukit Kitiran.

Meski pun taman baling-balin bumi kitiran baru dibuka bulan Agustus 2019, banyak pengunjung yang berdatangan untuk menikmati pemandangan indah dan semilir angin yang sejuk.

Bumi Kitiran sudah mulai dibuka sejak pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Dalam satu hari Bumi Kitiran mampu menerima pengunjung hingga 100 orang untuk hari biasa. Jumlah pengunjung akan meningkat pada saat akhir pekan hingga mencapai 200 orang. Untuk biaya masuk, setiap orang dikenakan biaya sekitar Rp 10.000.

Murah, indah, dan mengesankan ketika taman baling-baling ini dibuka untuk umum. Maka dari itu kamu jangan lupa memasukkan wisata bumi kitiran ke dalam list liburan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here