“Jangan makan ubi! Nanti sering kentut lho!” pernah mendapat larangan seperti itu dari orang terdekat ketika Anda ingin makan ubi? Yap! Ternyata makan ubi bisa bikin seseorang sering kentut itu bukanlah mitos belaka, tetapi memang benar adanya. Mengapa demikian?

Menurut penjelasan dari seorang Guru Besar Pangan dan Gizi Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, ubi jalar merupakan karbohidrat kompleks dan juga tinggi serat. Ubi adalah makanan yang tidak mudah dicerna, sehingga dalam usus terjadi fermentasi oleh bakteri yang memicu gas, dan gas itulah yang menyebabkan kentut. Tetapi hal ini tidak bisa disama ratakan pada setiap orang, karena setiap orang memiliki sensitifitas yang berbeda-beda.

Baca juga: Waspada! Makanan dan Minuman ini Berbahaya Jika Dikonsumsi di Usia 40 Tahun

Memang tidak bisa disamakan semua orang yang habis makan ubi akan jadi lebih sering kentut, meski hal ini bukan lah sebuah mitos belaka melainkan fakta yang nyata, setiap orang memiliki sensitifitas yang berbeda dan reaksi tubuh yang berbeda-beda ketika mencerna makanan tinggi karbohidrat dan serat tersebut. Jadi, sering kentut setelah makan ubi belum tentu terjadi pada semua orang.

Setelah itu, ada cara lain yang bisa membuat seseorang tidak sering kentut setelah mengkonsumsi ubi. Yakni cara memasak atau cara mengolah ubi sangat berpengaruh terhadap efek sering kentut yang terjadi ketika setelah makan ubi. Perlu diperhatikan seberapa banyak ubi yang dikonsumsi oleh orang tersebut, dan ubi yang dimasak seperti apa yang Ia konsumsi? Apakah dengan direbus, dikukus, atau bahkan digoreng.

Semakin ubi diolah semakin kecil gas yang terdapat didalamnya. Karena gas pada ubi lah yang membuat seseorang yang mengkonsumsinya menjadi lebih sering kentut. Jika ubi semakin diolah dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng, maka gas tersebut pun akan hilang dari ubi dan tidak membuat Anda jadi sering kentut setelah makan ubi. Dalam kondisi matang pati ubi akan terglutenisasi sehingga lebih mudah dicerna.

Diluar pembahasan tentang fakta ubi menyebabkan seseorang jadi sering kentut setelah mengkonsumsinya, ubi merupakan makanan yang bisa memberikan khasiat baik bagi tubuh, ubi ungu misalnya. Ubi ungu mengandung antioksidan bernama Antosianin yang berfungsi untuk anti-inflamasi dan antikanker. Antosianin juga mendukung keseimbangan bakteri baik, sehingga menyehatkan pencernaan dan pada akhirnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah penjelasan ilmiah tentang ubi dan serba serbi fakta nyata didalamnya. Jadi, jika Anda ingin mengkonsumsi ubi namun tidak ingin merasakan efek sering kentut Anda harus lebih kreatif lagi dalam mengolah ubi yang akan dikonsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here