Berita duka datang dari jagat seni Indonesia. Dwi Koendoro Brotoatmojo pencipta Panji Koming meninggal dunia.

Pria yang akrab disapa Dwi koen meninggal dunia di Rumah Sakit Premier Bintaro, pada Kamis (22/8) pukul 03:14 WIB. Berita duka ini juga disampaikan oleh Kompas sebagai tempat yang pernah menaung Dwi Koen.

“Harian Kompas berduka dengan berpulangnya Dwi Koendoro pada pukul 3.13 di Rumah Sakit Premier Bintaro. Jenazah akan disemaymkan di rumah duka. Karya-karyanya abadi bersama #PanjiKoming. Semoga segala amal baik dan baktinya mengantarkannya ke haribaan Tuhan,” tulis Harian Kompas.

Terlahir dengan nama Dwi Koendoro Brotoatmojo, beliau lahir di Banjar, Jawa Barat, pada 13 Mei 1941. Dwi Koen mulai bergabung dan menjadi bagian dari Kompas Gramedia pada tahun 1976. Saat itu dirinya menjadi salah satu bagian dari tata artistik dan illustrator.

Pada tahun 1979, beliau diangkat menjadi Kepala Bagian Produksi PT Gramedia Film untuk masa jabat 1979 hingga 1983. Satu tahun kemudian beliau menjadi Kepala Bagian Audio Visual PR Gramedia Film bidang documenter, film iklan, animasi dan grafis, serta slide program dan studio perekaman dan staf redaksi Harian Kompas.

Memiliki bekal sebagai illustrator, Dwi Koen pun membuat sebuah komik yang dikenal dengan nama Panji Koming. Komik ini pun sempat diterbitkan secara berkala di surat kabar Kompas edisi Minggu sejak 14 Oktober 1979.

Pengambilan nama Panji Koming ini dipilih berdasarkan tokoh utamanya yang hidup pada masa Kerajaan majapahit. Sementara itu kata Koming sendiri merupakan sebuah singkatan dari Kompas Minggu, yang juga memiliki arti bingung atau gila.

Karakter yang dibuat oleh Dwi Koen ini pun menjadi legenda pada masa pemerintahan order baru. Bahkan karakter Panji Koming ini berhasil terpilih untuk menjadi gambar perangko Indonesia tahun 1999.

Dwi Koen atau Dwi Koendoro Brotoatmojo sebagai pencipta karakter legendaris tersebut meninggal dunia pada usia 78 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here