Es krim pernah menjadi makanan yang harganya cukup mahal saat tahun 1970-1980-an, karena hal itulah yang membuat Es Dung Dung tercipta. Es Dung Dung diciptakan karena dorongan masyarakat Indonesia yang saat itu ingin sekali mencicipi es krim tapi tak bisa menjangkau harga jual es krim yang cukup mahal kala itu. Susu yang menjadi bahan utama pembuatan es krim pun dijual dengan harga yang selangit. Mulai dari situlah Es Dung Dung terlahir di tengah ‘kehausan’ es krim di Indonesia.

Baca juga: Es Krim Peters – Cita Rasa dari Australia yang Dulu Pernah Ada

Es Dung Dung dibuat bukan dengan bahan dasar susu, tapi diganti dengan santan. Penggantian bahan utama inilah yang membuat rasa dari Es Dung Dung berbeda, menjadi lebih gurih. Namun, tampilannya dibuat sama persis seperti es krim. Pembuatannya pun hingga kini masih sederhana, tanpa menggunakan mesin ataupun alat yang khusus. Ciri khas dari rasa Es Dung Dung adalah adanya rasa gurih, yang berasal dari santan, sebagai bahan utama pembuatnya.

Meski terasa gurih, Es Dung Dung bisa dikombinasikan dengan beberapa topping lainnya seperti cokelat ceres, kacang, ketan hitam, potongan buah, ataupun sagu mutiara. Es Dung Dung juga bisa disajikan dengan cone, dengan diapit oleh roti tawar, dan gelas plastik. Satu yang paling teringat akan Es Dung Dung jadul ini adalah suara dari gerobak penjualnya.

Dijual keliling dengan menggunakan gerobak, sembari membunyikan gong kecil yang terbuat dari kuningan dan menghasilkan suara dung.. dung… dung… sebagai tanda kalau penjual Es Dung Dung sedang berada disekitar kita. Di zaman modern seperti sekarang ini, suara dung… dung… dung… yang dihasilkan dari pukulan gong kecil tersebut sudah jarang sekali terdengar, wujud Es Dung Dung nya pun sudah tidak pernah terlihat lagi saat ini.

Kini, penjual Es Dung Dung dengan membawa gerobak kecil sudah jarang ditemukan. Namun, di pesta-pesta rakyat, seperti pernikahan atau arisan, Es Dung Dung terkadang masih menjadi sajian yang bisa kita nikmati. Bahkan, baru-baru ini pabrikan es krim sekelas Walls pun melirik varian-varian es puter dengan rasa lokal tersebut. Dengan kemasan, merk, dan kotak yang lebih higienis, Es Dung Dung pun bisa kita temukan kembali dengan mudah di supermarket.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here