Suzuki FR 70

Desain ramping klasik motor bebek FR 70 seolah membangkitkan memori bagaimana motor bebek ini menjadi primadona pada masanya. FR 70 merupakan motor bebek pertama produksi Suzuki Indonesia yang kini menjadi kembali incaran para pecinta otomotif.

FR 70 sebuah motor klasik sempat menjadi idola bagi muda-mudi di jaman 70 hingga 80-an. Motor bebek produksi Suzuki Indonesia ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1973. Saat itu pengenalannya bersamaan dengan peluncuran Suzuki A100.

Motor bebek klasik ini merupakan motor bebek pertama yang dikeluarkan oleh Suzuki Indonesia, yang pemasarannya dilakukan oleh PT Indohero Steel & Engineering Co pada tahun 1974 hingga 1980-an.

Sebagai motor bebek seri FR, seri ini pun memiliki desain yang mirip dengan seri-seri FR lainnya, seperti FR 50 dan FR 80. Untuk jenis dan seri FR 50 dipasarkan oleh Suzuki di Inggris, sementara FR 70 dipasarkan oleh Suzuki di Indonesia. Sementara FR 80 merupakan seri penyempurnaan dari seri sebelumnya yang kemudian menjadi Suzuki Family.

Suzuki FR 70

Suzuki FR 70 dibekali dengan volume silinder 69 cc dengan tipe mesin 2 tak. Dimana jika pada masa 70 hingga 80-an, mesin dengan 2 tak ini kebanyakan akan menghasilkan suara bising dan asap tebal yang keluar dari knalpot.

Meskipun bermesin 2 tak, Suzuki melengkapi seri FR 70 dengan electric starter dengan tujuan mempermudah saat menghidupi mesin motor, yang juga dibantu dengan baterai berkapasitas 6 volt. Baterai berkapasitas 6 volt itu nantinya akan berfungsi untuk menghidupkan lampu dan juga klakson.

FR 70 juga dilengkapi dengan pendingin udara dan sistem pelumasan yang menggunakan Suzuki CCI System. Untuk sistem pengereman, bagian depan dan belakang FR 70 ini sudah menggunakan sistem tromol dengan transmisi 3 percepatan.

Meski dikenal sebagai motor bebek jadul dan motor bebek pertama keluaran Suzuki, FR 70 hingga saat ini masih menjadi primadona dan incaran para kolektor dan pecinta otomotif. Bahkan, untuk satu motor bebek jadul ini saja masih bernilai tinggi, sama dengan motor keluaran terbaru di pasaran. Pernah merasakan sensasi mengendarai FR 70 ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here