Virus Corona sudah menyebar di Indonesia bahkan ke daerah. Hal ini mengakibatkan kekhawatiran dan kepanikan sebagian masyarakat semakin meningkat, serta mengutamakan social distancing sebagai solusi yang tepat.

Beberapa pencegahan yang disarankan oleh pemerintah adalah sering mencuci tangan, menjaga kesehatan tubuh, dan menjauhkan diri dari banyak orang atau social distancing. Menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan berolahraga dan mengkonsumsi obat herbal yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Jahe

Tanaman di Indonesia bisa jadi penangkal virus corona berikutnya masih dari keluarga rempah-rempah, yakni jahe. Selain mengandung curcumin layaknya temulawak, jahe juga memiliki senyawa beta-karoten dan capsaicin, berperan dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Mulailah konsumsi jahe, baik dalam bentuk instan atau membuat sendiri. Jahe sangat mudah diolah dan bisa dicampur dengan bahan lain, seperti teh, susu, jeruk nipis, lemon, dan madu.

Apalagi kini penelitian yang semakin berkembang memberi hasil terbaru, bahwa virus corona tidak mampu bertahan lama di suhu panas.

Kunyit

Rempah-rempah selanjutnya yang mudah ditemukan di Indonesia, ialah kunyit. Memiliki kandungan curcumin yang tinggi layaknya jahe dan temulawak.

Kunyit juga memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan seperti jahe, sehingga baik dalam menjaga kekebalan tubuh atau sistem imun.

Kencur

Tanaman di Indonesia bisa jadi penangkal virus corona berasal dari keluarga rimpang tanaman obat yang banyak dibudidayakan di Indonesia, yakni kencur.

Kencur yang sudah ribuan tahun digunakan sebagai bahan dasar obat tradisional, ternyata juga baik dalam menangkal virus corona.

Mengonsumsi kencur akan memberi tubuh Anda kehangatan, mengatasi pilek, mual, batuk, sakit kepala, migrain, dan rasa pegal.

Manfaat dan cara pengolahan yang sama, ersanding dengan rempah-rempah yang lain, Anda bisa mulai mengonsumsi kencur yang dibuat menjadi jamu atau campuran dalam makanan.

Temulawak

Kandungan curcumin dari temulawak yang selama ini dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan, ternyata juga mampu menghadang virus corona. Anda bisa mulai mengonsumsi sari temulawak dalam bentuk bubuk yang dibuat minuman, atau merebusnya sendiri menjadi ramuan tradisional.

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza Robx. Synm. Curcuma javanica ini memiliki antioksidan yang baik dalam menjaga sistem imun tubuh.

Jeruk Nipis dan Kulitnya

Senyawa yang terkandung pada jeruk, yakni flavonoid yang tinggi seperti tangeretin, hesperetin, nobiletin dan naringenin.

Senyawa tersebut sangat baik dalam menghambat perkembangan virus. Jeruk terutama pada kulitnya merupakan bahan alami yang mampu melawan betacoronavirus.

Sifat antivirus yang lebih banyak terdapat pada kulit jeruk, bisa Anda peroleh melalui proses pembuatan infuse water.

Itulah beberapa tanaman di indonesia bisa jadi penangkal virus corona. Berada di tengah pandemi, tingkatkan imunitas, pola hidup bersih dan sehat, serta konsumsi makanan penangkal virus sebagai upaya pencegahan. Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here