Mariah Carey
Mariah Carey

Penyanyi cantik asal Amerika Serikat yakni Mariah Carey siap menggelar tour bulan Oktober mendatang. Selain berencana untuk mengadakan konser, Mariah Carey juga meluncurkan lagu terbaru berjudul ‘GTFO’.

Mariah Carey lahir di Huntington, Long Island, New York, Amerika Serikat pada 27 Maret 1970. Bakat menyanyinya diturunkan oleh sang ibu, Patricia Carey yang merupakan seorang penyanyi Opera asal Irlandia. Mariah belajar bernyanyi sejak usianya tiga tahun saat dirinya mencoba menirukan sang ibunya berlatih opera.

Berkat suara emasnya, pada tahun 1988 seorang eksekutif muda Columbia Records yakni Tommy Mottola mencoba untuk mengorbitkan Mariah Carey untuk menjadi penyanyi diperusahaan rekamannya. Dalam proses pembuatan lagu, Mariah yang dibantu oleh Ben Margulies menulis lirik-lirik lagu untuk album debut pertama Mariah Carey.

Mariah Carey Tour (Source: mariahcarey.com)
Mariah Carey Tour (Source: mariahcarey.com)

Album debut Mariah Carey pun tidak semulus kesuksesannya yang berhasil menempati nomor satu ditangga Billboard. Pasalnya, lagu ciptaan Mariah dan Ben dianggap terlalu mirip dengan Whiteney Huston. Hingga akhirnya Mariah berhasil meraih kesuksesan berkat lagu ‘Someday’, ‘Love Takes Time’, ‘I Don’t Wanna Cry’, dan ‘Vision of Love’. Album ini berhasil meraih penghargaan bergengsi, Grammy Awards. Tak hanya satu piala melainkan dua piala Grammy Awards yang berhasil dibawa pulang oleh Mariah Carey.

Lagu Vision of Love ini pun berhasil menjadi sumber inspirasi dari penyanyi dunia lainnya seperti Beyonce dan Christina Aguilera. Bahkan lagu ini juga dijuluki sebagai ‘Magna Carta of Melisama’, karena lagu ini menjadi lagu pertama yang menggunakan teknik permainan nada ‘Melisama’ pada musik R&B.

Tahun 1991 Mariah merilis album keduanya yang bertajuk Emotions dan kembali meraih kesuksesan. Memiliki suara emas dengan teknik vokal yang luar biasa, membuat Mariah menerima berbagai kritikan. Bahkan Mariah dianggap sebagai penyanyi dengan nada tinggi yang palsu. Hal ini pun berhasil dipatahkan oleh Mariah dengan menyanyikan lagu The Jacksons 5 ‘I’ll Be There’. Lagu ini pun dikeluarkan oleh Mariah pada album EP kompilasi MTV Unplugged, dan berhasil menempati posisi teratas ditangga Billboard.

Sebagai seorang penyanyi, Mariah Carey pun pernah membuat gebrakan di dunia musik dengan berduet bersama Whiteney Huston. Mereka mengeluarkan single berjudul ‘When You Believe’, yang juga menjadi salah satu soundtrack film The Prince of Egypt. Lagu ini pun menjadi lagu paling populer di Jepang, dan mereka berhasil mendapatkan penghargaan Academy Awards.

Mariah Carey Tour (Source: mariahcarey.com)
Mariah Carey Tour (Source: mariahcarey.com)

Sepanjang karirnya, Mariah Carey dinobatkan sebagai penyanyi wanita terlaris milenium oleh World Music Awards tahun 2000, dan menjadi artis terbaik dekade 1990-an pada Billboard Music Awards tahun 1999. Mariah Carey juga berhasil menjual lebih dari 200 juta album, single dan video di seluruh dunia. Tak hanya itu saja, Mariah Carey juga berhasil membawa lima piala Grammy Awards sepanjang karirnya.

Salah satu lagu Mariah Carey yang berjudul ‘Hero’ pernah dibawakan olehnya pada saat pelantikan Presiden Barack Obama, dimana saat itu Barack Obama sebagai Presiden pertama Amerika Serikat yang berkulit hitam.

Saat ini Mariah Carey tengah disibukkan dengan berbagai rangkaian kegiatan konser tour di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Mariah Carey akan menggelar konser ‘Mariah Carey International Show’ pada 6 November 2018 bertempat di Candi Borobudur, Magelang. Sementara rangkaian tour konser dunia Mariah Carey hingga tahun depan akan dimulai dari Las Vegas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here