Gemblong merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang keberadaannya sudah sejak lama, dari dulu hingga sekarang Gemblong selalu jadi jajanan favorit bagi para pecinta kuliner. Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni sehingga menghasilkan rasa legit dan manis karena diberi balutan gula merah yang sangat menggugah selera.

Di beberapa daerah, gemblong dikenal dengan nama yang berbeda. Seperti di Jawa Timur misalnya, panganan ini biasa disebut Getas. Sedikit berbeda dengan gemblong yang menggunakan ketan putih, getas dibuat menggunakan ketan hitam.

Gemblong Ketan Hitam dan Gemblong Ketan Putih

Meskipun gemblong sudah dikenal hampir seluruh masyarakat di nusantara, namun asal-usul nama dan dari mana kue ini berasal tidak ada yang mengetahui secara pasti. Namun, gemblong cukup di kenal oleh masyarakat Sunda, Jawa, dan Betawi. Konon katanya, nama gemblong berasal dari bentuknya yang bulat dan lonjong.

Gemblong jadi jajanan favorit karena harganya yang sangat murah, bisa dibandrol sekitar Rp. 2000,- untuk satu buah gemblong. Di beberapa pasar tradisional dan di pinggiran jalan Kota Jakarta pun masih cukup sering terlihat pedagang gemblong yang lalu lalang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here