28 tahun yang lalu ketika pertama kali membaca judul filmnya, yang pertama terpikir adalah film horor apalagi ini? dengan poster yang seksi, Ghost terlihat kayak film horor dengan bumbu adegan sensual.

Baca juga: Demi Moore, Pelopor Gaya Rambut Bob Lewat Film “Ghost”

Ghost adalah cerita cinta, romantis, fantasi, thriller serta komedi. Salah satu Film langka yang lengkap dan menjadi tontonan yang tidak pernah membosankan. Semua formula yang ada menjadikan film ini sukses secara box office di musim panas 1990, mendapatkan pemasukan $505 juta dengan produksi “hanya” $22 juta, kesuksesan yang tidak pernah di diprediksi oleh kalangan perfilman Hollywood dan mendapat 2 piala Oscar untuk Whoopi Golberg sebagai best supporting actress dan best original screenplay untuk Bruce Joel Rubin.

Ghost bercerita tentang Sam (Patrick Swayze) dan kekasihnya, Molly (Demi Moore) yang saling mencintai. Ketika Sam terbunuh yang di dalangi rekan kerjanya, Carl (Tony Goldwyn), arwah Sam gentayangan untuk melindungi kekasihnya dari ancaman Carl. Sam lalu meminta bantuan wanita paranormal, Oda Mae (Whoopi Goldberg), Sam meminta Oda Mae menemui Molly dan meyakinnya bahwa nyawanya juga terancam oleh Carl.

Akting Demi Moore dan Patrick Swayze di film ini membikin para penonton kesengsem sama pasangan ini, cocok banged seperti pasangan beneran. Quote yang paling gak terlupakan adalah ketika Molly akhirnya bisa melihat wajah Sam lagi di akhir film. “I love you Molly, I always have” Molly pun menjawab singkat “Ditto”. Iissh kata ini langsung ngetop dan dipakai jutaan umat manusia untuk mengungkapkan cinta kepada pasangannya. Pada tau nggak arti “Ditto”? Yang belum tahu berarti lupa atau belum khatam nontonnya.

Sebelum Patrick Swayze terpilih memerankan Sam, coba tebak siapa yang dipilih produser untuk menjadi pasangan Demi Moore di film ini? Bruce Willis. Mereka berdua saat itu adalah pasangan suami istri yang sedang populer. Namun, Bruce menolak bergabung karena menurutnya film ini tidak akan berhasil, dengan plot cerita tentang pria yang sudah meninggal, bagaimana mungkin bisa menjadi sebuah film cinta yang bagus? 9 tahun kemudian, toh akhirnya Bruce mau berperan sebagai orang yang meninggal, di SIXTH SENSE.

Swayze sendiri hampir gak terpilih sebagai Sam. Awalnya Bruce Joel Rubin, penulis cerita, memohon ke Jerry Zucker (sutradara) agar Swayze-lah yang memerankan Sam. Jerry pun ogah-ogahan, apalagi setelah mereka berdua menonton film “Road House” dimana Swayze menjadi peran utamanya. Komentar Jerry adalah “Over My Dead Body”, Swayze gak bakal bergabung di proyek Ghost.

Namun Bruce Rubin, tidak berhenti berusaha meyakinkan Jerry, Swayze diberi kesempatan audisi. Dan Swayze pun mendapatkan peran itu. Jerry akhirnya mengakui akting Patrick Swayze.

Nah, bagaimana dengan Whoopi Goldberg? ternyata ia mendapat bantuan dari Patrick Swayze agar bisa mendapat peran Oda Mae, Swayze mengancam mundur bila Whoopi Goldberg tidak bergabung diproyek film itu. Akhirnya ia pun menjadi Oda Mae di film GHOST, dan ketika naik ke panggung untuk menerima Oscar, Whoopi mengucapkan terima kasih kepada Patrick Swayze karena sudah mengajaknya bermain di Ghost.

Di setiap film pasti ada adegan iconic, adegan yang gak bakal terlupakan, adegan yang merupakan ciri khas dari sebuah film. Ghost pun mempunyai adegan fenomenal, adegan saat Molly dan Sam membuat pot dari tanah liat (Molly adalah seniman keramik dari tanah liat) adalah adegan “percintaan” yang paling romantis sampai sekarang.

Yang bikin menambah “keseksian” adegan itu adalah lagu “Unchained Melody” – Righteous Brothers – yang menjadi background. “Ooh my love my darling, I’m hunger for your touch,  Alone lonely time..” Lagu yang kemudian menjadi hit sepanjang masa. Duhh… sapa coba yang gak meleleh kalo inget adegan itu. Bahkan sampai-sampai banyak film yang meniru dan memparodikan adegan tersebut.

Di Indonesia, Ghost tidak hanya sukses menjadi film laris tapi juga menyebarkan wabah yang memakan banyak korban, terutama kaum hawa. Yep, apalagi kalau bukan KDM atau Korban Demi Moore. Masih inget kan?, semua cewek-cewek memotong rambutnya menjadi pendek seperti Demi Moore di Ghost Tidak perduli rambutnya tidak sesuai dengan bentuk wajahnya, pokoknya potong kayak Demi Moore, ya mbak. Begitu ucapan yang sering terdengar di salon-salon saat itu.

Fenomena Ghost tidak hanya di era 90an, namun sampai sekarang pun jika melihat poster film nya aja langsung kebayang lagu “Unchained Melody”. Kalau lihat Demi Moore dengan rambut pendeknya, inget jadi Korban Demi Moore, lihat keramik dari tanah liat langsung keinget adegan yang “itu”.

GHOST tidak pernah dibikin sequel nya (duuh jangan sampe deh…di remake pun gue gak akan rela) tapi ada beberapa film yang terinspirasi oleh film ini, seperti film Jepang “Ghost: Mouichido Dakishimetai ” di 2010 yang juga meraup sukses. Bahkan di 2011 ada produksi musikal GHOST:THE MUSICAL di Inggris.

GHOST rupanya tidak pernah berhenti menghantui, baik dilayar kaca maupun di kehidupan para penonton khususnya generasi 90’an. Film yang mungkin harus ditonton sama anak muda sekarang, bahwa cinta itu nggak mengenal ruang dan waktu, “Ditto”.

  • Patrick Swayze – Sam Wheat
  • Demi Moore – Molly Jensen
  • Whoopi Goldberg – Oda Mae Brown
  • Tony Goldwyn – Carl Bruner
  • Rick Aviles – Willie Lopez
  • Vincent Schiavelli – Subway Ghost

Sutradara – Jerry Zuker

Release Date – 13 Juli 1990

Produksi – Paramount Pictures

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here