Dialah Elias Daniel Mogot atau lebih dikenal dengan nama Daan Mogot, gugur di usia muda yaitu 17 tahun. Tidak hanya dirinya yang gugur, kisah cintanya pun ikut kandas terkubur. Daan Mogot gugur saat pertempuran tidak seimbang antara pejuang kemerdekaan Indonesia melawan penjajah Jepang.

Pertempuran yang berkecamuk itu menewaskan 33 taruna dan 3 perwira, dan 10 taruna luka berat. Sisanya ada 20 orang taruna lainnya yang ditawan. Bahkan, yang ditawan juga diperintahkan oleh Jepang untuk membuat liang kubur bagi teman-temannya sendiri.

Kisah Daan Mogot sang mayor yang gugur di usia sangat muda, meninggalkan kisah lainnya yang tak banyak diangkat ke permukaan. Cerita cinta yang kandas karena maut lebih dahulu merebutnya. Daan Mogot memiliki kisah cinta yang mengharukan dengan seorang gadis berambut panjang bernama Hadjari Singgih. Cinta Hadjari akhirnya ikut terkubur seiring tewasnya sang kekasih hati.

Daan Mogot.

Hadjari Singgih harus kehilangan sang mayor muda akibat peluru Jepang menghajar paha dan dada Daan Mogot. Tak banyak diangkat ke permukaan, gugurnya Daan Mogot yang dimakamkan pada 29 Januari 1946 di pemakaman pahlawan yang gugur di Hutan Lengkong itu. Ditinggal sang kekasih hati untuk selama-lamanya memang menjadi hal yang sangat memilukan bagi Hadjari, bagaimana tidak ia sampai rela memotong rambutnya.

Perempuan dengan rambut panjang sepinggang saat ditinggal sang kekasih untuk selamanya, ia memotong rambut panjangnya sebagai tanda kedukaan yang mendalam akibat ditinggal Daan Mogot. Potongan rambut Hadjari ikut dikuburkan di liang lahat Daan Mogot. Dan sejak saat itu, Hadjari Singgih tidak pernah lagi memanjangkan rambutnya.

Daan Mogot tewas dalam peristiwa pelucutan persenjataan Jepang tanggal 25 Januari 1946. Sang mayor muda itu memimpin 70 taruna MAT dan delapan tentara Gurkha. Pasukan di bawah pimpinan mayor muda juga melatih PETA di Bali dan Jakarta itu berupaya mendahului jangan sampai senjata tentara Jepang menyerah kepada Sekutu terambil Belanda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here