Halma merupakan permainan teka-teki yang membutuhkan strategi khusus demi meraih kemenangan. Permainan ini juga biasa dikenal dengan nama Checkers Cina, yang dimaninkan oleh sedikitnya 2 orang maksimal 6 orang. Dengan bermain Halma, secara tidak langsung kita di tuntut untuk mengasah kemampuan otak kita yang juga dapat mencerdaskan otak dalam menyusun strategi.

Baca juga: Permainan Ular Tangga, Sarat Filosofi dan Karma Kehidupan

Permainan Halma pertama kali ditemukan oleh seorang professor asal Amerika, Dr. George Howard Monks. Dalam bahasa Yunani, arti kata Halma sendiri berate Jump, yang mana pada penggambarannya terletak di papan permainan Halma dan cara bermaiannya.

Media yang dipakai untuk Halma sendiri terbuat dari sebuah papan bidang persegi berukuran 256 atau 16×16. Pada papan bidang tersebut terdapat lubang-lubang berbentuk segi enam yang masing-masing memiliki warna berbeda. Untuk mengisi lubang-lubang pada papan Halma, biasanya menggunakan kelereng atau pion sebagai media untuk bermain.

Jika permainan dilakukan oleh enam pemain maka jumlah pion atau kelereng yang digunakan harus menutupi seluruh daerah segitiga berwarna. Lalu jika permainan hanya dilakukan oleh dua orang atau empat orang, maka permainan harus berhadap-hadapan antara para pemain. Dalam setiap permainan Halma, sedikitnya pion atau kelereng yang digunakan berjumlah sepuluh pion, atau jika Anda menginginkan lebih dari 10 pion, yakni 13 pion hal itu tidak menjadi masalah.

Untuk menentukan siapa pemenang dari permainan Halma ini ditentukan dari kecepatan antar lawan yang berhasil memindahakan seluruh pion ke segitiga yang berlawanan dari tempat awal. Anda juga bisa membuat peraturan yang disepakati oleh seluruh pemain. Misalnya tidak boleh melewati atau melompati pion lawan. Hal ini bertujuan untuk menunda kemenangan dari tiap lawan yang bermaian.

Baca juga: Permainan Congklak, Ternyata Bukan Berasal dari Pulau Jawa

Dari permainan Halma ini Anda dapat belajar tentang menyusun strategi dan logika berpikir. Otak kita akan secara tak langsung berpikir untuk menyusun beragam strategi giometri dari segitiga-segitiga pada papan permainan Halma. Tertarik untuk bermain Halma?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here