Apakah kamu pernah mendengar kata Daun Kucai? Tanaman herbal yang termasuk dalam kategori tumbuhan jenis bawang (allium), sementara kebanyakan orang Indonesia mengenal kucai dengan sebutan daun kucai atau bawang kucai. Biasanya, potongan daun kucai digunakan sebagai pelengkap sebuah masakan, seperti pada toge goreng, bubur ayam, atau pun isian pada lumpia.

Kucai adalah makanan yang padat nutrisi. Ini artinya, daun kucai rendah kalori tapi kaya akan nutrisi bermanfaat, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Jika diolah dengan cara yang tepat, tentu banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari daun kucai. Seperti beberapa manfaat ini;

  1. Menurunkan Kolestrol.

Daun kucai mengandung allicin yang dapat membantu menurunkan kolestrol dan tekanan darah. Allicin dalam herbal ini bertugas untuk melepaskan nitri oksida, sehingga membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

  1. Mencegah Kanker.

Dari sebuah studi penelitian, tanaman yang termasuk ke dalam keluarga allium termasuk kucai, memiliki sifat antikanker. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, para peneliti menemukan bahwa pria dengan asupan sayuran allium yang tinggi, berisiko lebih rendah terkena penyakit kanker prostat.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa sifat antikanker yang dimiliki sayuran allium dapat membantu melindungi kamu dari risiko kanker esofagus (kerongkongan) dan kanker perut.  

  1. Menjaga Kesehatan Otak.

Kandungan kolin dalam kucai nyatanya memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Pasalnya, kolin adalah salah satu nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan otak, termasuk mempertajam ingatan dan mengatur mood. Seperti yang dikatakan dalam sebuah penelitian The American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa asupan makanan tinggi kolin membantu meningkatkan fungsi kognitif otak serta penyimpanan memori verbal dan visual.

  1. Baik Untuk Tulang.

Kucai memiliki kandungan vitamin K yang berlimpah. Vitamin K penting untuk menjaga kesehatan tulang karena membantu mencegah pengeroposan tulang. Vitamin K meningkatkan memproduksi protein tulang yang disebut osteocalcin. Osteocalcin inilah yang berperan penting untuk menjaga kepadatan mineral tulang.

  1. Meningkatkan Penglihatan.

Daun kucai mengandung karoten lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa tersebut diyakini dapat membantu mengurangi stres oksidatif di mata dan memperlambat perkembangan katarak. Mengonsumsi daun ini dan beragam makanan lain yang juga kaya nutrisi dapat membantu meningkatkan penglihatan mata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here