That I just want you to know… I’ve found a reason for me… To change who I used to be… A reason to start over new… And the reason is you.

Masih ingat dengan sepenggal lagu diatas? Yap bener banget lagu tersebut milik salah satu band rock asal Amerika Serikat, Hoobastank. Grup yang terkenal dengan lagu The Reason ini memiliki empat orang personil yang merupakan sahabat dekat satu sama lain.

Baca Juga: Sting – Sukses di Dunia Musik dan Akting, Jadi ‘Motor’ Dibalik Kejayaan The Police

Hoobastank terbentuk berkat kedekatan Robb dan Estrin semasa duduk dibangku sekolah. Mereka berdua pun memiliki hobi dan kegemaran yang sama di dunia musik. Namun saat itu tidak terbesit sedikit pun untuk membentuk sebuah band.

Selepas dari bangku sekolah menengah utama, Robb dan Estrin mulai menggoreskan tinta pulpennya diatas kertas. Keduanya pun membuat sebuah lirik lagu dengan aransemen seadanya. Barulah sejak saat itu Robb berencana untuk menambah jumlah personil untuk melengkapi band yang akan dibentuknya.

Secara resmi Hoobastank terbentuk pada tahun 1994, dengan empat personil utama. Doug Robb (vokal), Dan Estrin (gitar), Markku Lappalainen (bass) dan Chris Hesse (drum). Terbentuknya Hoobastank dengan empat personil ini pun membuat Robb CS kian giat melakukan pertunjukan diberbagai acara. Hingga suatu hari Island Record melihat bakat keempat anak muda tersebut dan berencana untuk mengorbitkannya.

Pada tahun 2001, Hoobastank secara resmi debut dengan merilis single berjudul Crawling in the Dark dan Running Away. Kesuksesan Hoobastank sebagai band alternative rock ini pun diterima baik oleh para pecinta musik. Tentu saja hal ini didukung dengan berhasilnya Hoobastank meraih penghargaan Platinum.

Baca Juga:Jonas Brothers Umumkan Reuni dan Merilis Lagu Terbaru

Memasuki tahun 2003, Hoobastank kembali masuk ke dapur rekaman untuk mempersiapkan album pertama mereka. Sebelum merilis full album pertama, Hoobastank terlebih dahulu merilis sebuah lagu yang diunggah melalui situs resmi mereka berjudul Out of Control.

Sukses dengan single yang lebih awal dirilisnya, Hoobastank pun memantapkan band mereka dengan merilis album pertama bertajuk The Reason. Tanpa disangka album ini pun meledak dipasaran, karir dan kesuksesan dari Hoobastank pun kian meroket. Saat itu lagu The Reason berhasil memuncaki tanggal lagu Billboard. Tidak hanya itu saja, Hoobastank pun berhasil meraih penghargaan double platinum untuk album pertamanya.

Kesuksesan pada album pertama ini pun dianggap angina segar bagi tingkat karir dari Hoobastank. Mereka pun merilis album kedua bertajuk Let it Out. Memasuki album ketiga, Markku tidak lagi bergabung bersama dengan Hoobastank. Posisinya pun digantikan dengan beberapa personil lain, mulai dari Paul Bushnell dan Chris Chaney. Namun secara tetap posisi Markku digantikan oleh Jesse Charland, yang secara resmi bergabung pada tahun 2009.

Bersama dengan drummer barunya, Hoobastank merilis album keempatnya bertajuk For (n) ever dan juga merilis album akustik yang berisikan seluruh lagu andalan dari Hoobastank. Album tersebut dirilis di Jepang dan Korea pada tahun 2010, sementara di Amerika Serikat mereka merilisnya pada tahun 2011. Sementara itu album kelima mereka bertajuk Fight or Flight dirilis pada tahun 2012.

Hingga tahun 2017, Hoobastank pun melepas Island Record sebagai label rekamannya. Mereka menandatangi kontrak kerjasama dengan label rekaman baru, Napalm Record. Bersama dengan Napalm Record, Hoobastank merilis lagu terbaru berjudul Push Pull. Hoobastank menjadi band alternative rock asal Amerika Serikat yang mampu bertahan selama hampir dua dekade.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here