Pelaku bisnis di bidang otomotif khususnya produsen mobil tentu memiliki banyak perbedaan. Mulai dari segi interior, suku cadang, kekuatan hingga mobil dengan tenaga mesin yang tinggi. Hal ini pula yang membedakan mobil-mobil yang di produksi dari Jepang, Amerika hingga Eropa. Dalam perbedaannya tersebut banyak konsumen yang melakukan perbandingan atas porduk-produk otomotif yang di produksi dari berbagai Negara. Berikut ini adalah perbedaan antara mobil Jepang, Amerika dan juga Eropa yang perlu Anda ketahui.

  • Jepang

Produsen mobil yang menjadi idola banyak kalangan ialah mobil produksi dari negeri sakura, Jepang. Pasalnya, mobil produksi Jepang ini fitur canggih yang fleksibel. Bukan hanya itu saja, mobil buatan Jepang juga dikenal dengan harga yang terjangkau dan irit bahan bakar. Tak heran bila mobil buatan Jepang ini menjadi primadona semua kalangan.

Berbicara soal mesin, mobil produksi Jepang memiliki mesin yang cukup bandel. Bahkan mobil buatan Jepang juga membuat beberapa transmisi menjadi mobil matik. Bukan hanya untuk mobil berukuran mini saja, transmisi matik juga dihadirkan ke jenis mobil SUV, city car, MPV hingga sport.

Baca Juga:FR 70, Motor Bebek Pertama Produksi Suzuki Indonesia

Kelebihan yang menjadi pertimbangan konsumen mobil buatan Jepang di Indonesia ialah tingkat keiritan dari mesin yang ditawarkan oleh produksi Jepang. Di Indonesia sendiri mobil dengan merek Toyota, Honda, Daihatsu hingga Mitsubishi menjadi incaran dan yang paling banyak melenggang di ruas jalan. Meskipun dari segi interior mobil produksi Jepang masih kalah telak dengan buatan Eropa, pilihan nomor satu bagi pengguna mobil di Indonesia akan tetap jatuh ke tangan produksi Jepang.

  • Amerika

Untuk jenis mobil buatan Amerika ini lebih menonjolkan dari segi tampilan di luar yang terkesan garang dan gagah. Selain menawarkan tampilan yang gagah, mobil buatan Amerika juga dikenal dengan kapasitas mesin yang cukup besar. Sayangnya meski dibekali dengan mesin berkapasitas besar, mobil buatan Amerika ini di nilai belum cukup baik dengan mobil buatan Jepang maupun Eropa.

Di Indonesia, mobil buatan Amerika ini masih kalah pamor dari mobil buatan Jepang. Hal ini terlihat dari lebih banyaknya mobil Toyota yang melintas dibandingkan mobil Ford ataupun Jeep yang melintasi jalanan.

Baca Juga:5 Daftar Mobil Keren Yang Pernah Mejeng Di Film James Bond

  • Eropa

Salah satu mobil yang menawarkan kemewahan adalah mobil produksi Eropa. Mobil Eropa akan menawarkan kemewahan, eksklusif dengan harga yang cukup mahal untuk satu buah mobil produksi Eropa. Meski di bandrol dengan harga yang cukup fantastis, kemewahan dari desain interior maupun tampilan luar dari mobil produksi Eropa akan sebanding dengan harga yang dikeluarkan.

Selain menawarkan kemewahan, mobil produksi Eropa juga menawarkan mesin yang halus dan bertenaga. Suara yang dikeluarkan apabila melaju dengan mobil buatan Eropa juga sangat khas, melengking dan terkesan garang. Mobil buatan Eropa juga dikenal sebagai mobil yang ramah lingkungan. Sayangnya, mobil buatan Eropa ini jarang sekali yang memiliki transmisi matik.

Dari ketiga produsen mobil terkemuka di atas, dapat dipastikan mobil buatan Jepang tetap menjadi nomor satu yang menjadi pilihan. Namun, tidak menutup kemungkinan mobil buatan Eropa juga menjadi salah satu pilihannya.

Pemilihan mobil tentu saja harus memperhitungkan banyak hal, dari segi desain, kapasitas, hingga harga yang akan menjadi pertimbangan utama untuk masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here