Mengalami sedikit gangguan pada telapak tangan atau biasa dikenal dengan kapalan memang sedikit mengganggu. Biasanya kapalan kerap kali terjadi bagi orang-orang yang aktif melakukan kegiatan, seperti berkendara, berolahraga dengan bantuan alat, pemain gitar, hingga seorang pelukis. Jika sudah kapalan, biasanya timbul rasa tidak nyaman dan gatal pada telapak tangan.

Kapalan ialah bentuk penebalan kulit yang disebabkan adanya gesekan atau penekanan pada kulit secara berulang. Kapalan yang sering muncul pada bagian jari atau telapak tangan kerap kali terjadi bagi orang-orang yang aktif melakukan kegiatan.

Baca Juga:Kolaborasi Let’s Share Bersama Generasi Muda Kosgoro, Bakti Sosial Berupa Cek Kesehatan Gratis

Pada bagian kulit yang kapalan, biasanya akan timbul rasa kering, kasar hingga gatal yang cukup mengganggu kegiatan. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebih, kapalan tetap perlu diperhatikan agar tidak berlarut dan timbul rasa tidak nyaman.

Berikut ini tim kabarsidia akan bagikan tips mengatasi kapalan pada tangan yang sudah tak tertahankan. Check this out!

  • Rendam dengan air hangat

Langkah pertama untuk meredakan kapalan yang kian hari makin mengeras adalah dengan merendamnya pada air hangat. Lakukan perendaman tangan kamu di air hangat selama kurang lebih 5 – 10 menit. Selain itu, air hangat juga bermanfaat untuk mengatasi iritasi kulit loh.

  • Gunakan batu apung

Setelah merendam tangan pada air hangat selama 5 – 10 menit, mulailah kamu menggosokan tangan yang kapalan dengan batu apung. Lakukan dengan cara memutar dan perlahan agar kulit tangan kamu tidak terluka. Selain dapat mengurangi kapalan pada tangan, dengan menggosokan batu apung ke tangan akan melepaskan sel kulit mati dan menghasilkan telapak tangan yang lebih halus. Jadi ga usah takut buat salaman dengan calon mertua deh.

  • Menggunakan garam inggris

Jika kamu tidak memiliki batu apung sebagai alat bantu mengangkat sel mati, kamu bisa menggunakan garam inggris sebagai bahan yang membantu kamu mengatasi kapalan pada kulit tangan loh. Larutkan garam 2 – 3 sendok bersama dengan air hangat dan rendam tangan mu selama kurang lebih 5 – 10 menit setelah melakukan aktivitas.

  • Oleskan pelembap

Untuk menjaga kelembapan kulit ada baiknya kamu menggunakan pelembap tangan yang mengandung asam salisilat, ammonium lactate atau urea. Dengan mengoleskan pelembap pada tangan, maka kulit tangan kamu akan lebih kecil resikonya terkena kapalan.

  • Gunakan sarung tangan

Teruntuk kamu yang aktif dan menggunakan kendaraan khususnya motor, sangat disarankan untuk menggunakan sarung tangan saat bepergian. Pasalnya, dengan menggunakan sarung tangan kemungkinan tangan mu kapalan akan lebih rendah dibanding yang tidak menggunakan sama sekali.

Beberapa tips di atas semoga dapat membantu kamu terbebas dari kulit kering karena kapalan ya. Mulailah melindungi kulit mu dari hal-hal yang mengganggu dan menghambat segala aktivitas. Jika beberapa tips di atas tidak membantu, segera lakukan konsultasi bersama dokter ahli.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here