Menjadi maskapai penerbangan kebanggaan bangsa Indonesia, rasanya tak lengkap jika belum menelisik sejarah tentang para crew yang setia menemani para penumpang Garuda Indonesia. Mereka adalah para Pramugari cantik, yang dengan segenap hatinya membantu para penumpang.

Baca juga: Tren Era 80-an, Bulu Ketiak Jadi Lambang Sensualitas

Pramugari-pramugari cantik in pun tidak hanya di tugaskan untuk memandu dan membantu para penumpang saja, mereka juga dikemas secara unik, salah satunya dengan seragam yang di kenakan. Sejak mengudara tahun 1949, Garuda Indonesia pun selalu mengalami perubahan dan peningkatan pelayanan, pun termasuk dengan transformasi gaya busana atau seragam Pramugari Garuda Indonesia.

Bahkan rencananya, pada awal Desember 2018, dua unit pesawat Garuda Indonesia yang berlogo dan berlivery tempo dulu, yakni Boeing 737-800 PK-GFN dan PK-GFM akan disiapkan menggunakan awak pramugari dengan seragam tempo dulu.

Penasaran bagaimana transformasi perubahan gaya busana dari para Pramugari Garuda Indonesia? Di kutip dari akun sosial instagram resmi Garuda Indonesia, berikut ini adalah perubahan gaya busana Pramugari Garuda Indonesia dari masa ke masa. Check this out!

  1. Pada masa awal berdiri di tahun 1949, Pramugari Garuda Indonesia memiliki seragam berwarna putih dan cokelat. Saat itu, rok yang dikenakan oleh para Pramugari cantik Garuda Indonesia terbilang cukup panjang hingga menutupi lutut. Tak hanya itu saja, Pramugari Garuda Indonesia ini juga di lengkapi dengan topi baret yang juga senada dengan warna rok, yakni cokelat.

  2. Memasuki tahun 1970’an, seragam Pramugari Garuda Indonesia mengalami perubahan. Kali ini Garuda Indonesia memilih untuk merubah warna menjadi orange dan kuning. Hal ini sangat jauh berbeda dari busana sebelumnya yang terkesan kalem. Penggunaan topi baret juga tak lagi di terapkan. Kali ini Pramugari Garuda Indonesia memakai topi berpita yang menjulang keatas berwarna orange. Untuk roknya pun di buat lebih pendek dari sebelumnya, yakni di atas lutut menyerupai rok mini.

  3. Tahun 1980’an, Garuda Indonesia menggunakan 2 jenis seragam untuk para Pramugari cantiknya. Seragam pertama memiliki lengan panjang yang di hiasi dengan dasi pita, seragam ini berwarna orange yang juga di lengkapi dengan topi. Tidak hanya menerapkan baju berlengan panjang, Garuda Indonesia juga mengusung seragam kebaya lengkap dengan sanggulnya untuk para Pramugarinya.

  4. Era 1990’an perubahan seragam untuk Pramugari Garuda Indonesia pun kembali mengalami perubahan. Kali ini Garuda Indonesia menerapkan pakaian panjang dari atas hingga bawah. Saat itu Garuda Indonesia mengusung warna tosca sebagai seragam dan ciri khas maskapai pertama Indonesia tersebut. Selama tahun 1990’an, tidak hanya sekali atau dua kali Garuda Indonesia merubah gaya busana Pramugarinya. Hitam, tosca, hingga corak batik pun pernah diusung oleh Garuda Indonesia untuk seragam para Pramugarinya.

  5. Tibalah pada masa akhir transformasi dari gaya busana Pramugari Garuda Indonesia. Di mulai sejak tahun 2000’an, Garuda Indonesia mulai konsisten untuk menetapkan gaya busana Pramugarinya dengan memberikan baju setelan bergaya kebaya. Beragam pilihan warna pun juga turut mewarnai cabin pesawat Garuda Indonesia. Mulai dari biru, merah, ungu, hingga tosca yang sampai saat ini bisa kita jumpai di pesawat Garuda Indonesia.

Dari kelima gaya busana Pramugari Garuda Indonesia yang disebutkan di atas, gaya busana manakah yang menjadi favorit kalian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here