Suaranya yang berat menjadi magnet tersendiri di telinga masyarakat ketika sosok pria ini menyanyikan lagu rap. Ya, Iwa Kusuma atau yang lebih dikenal dengan nama Iwa K, penyanyi rap asal Indonesia bagi generasi yang tumbuh di era 90-an. Pada masanya Iwa K membawakan sebuah lagu bergenre rap yag berjudul Bebas, lagu Bebas menjadi sangat populer ketika dibawakan dengan gayanya yang khas.

Lagu Bebas tentunya memiliki kenangan tersendiri bagi pendengarnya, padahal rap lebih identik ketika dibawakan dengan bahasa Inggris. Tetapi Iwa K berhasil menjadi salah satu pelopor musik rap berbahasa Indonesia ketika membawakannya dengan cara yang sangat Indonesia banget.

Kecintaan Iwa K terhadap musik rap diakuinya berawal ketika Ia aktif breakdance pada tahun 1984. musik hip hop yang identik sebagai pengiring breakdance mampu merasuki jiwa Iwa K kala itu saat usianya masih 14 tahun.

Ketika memasuki masa-masa SMA, Iwa K kepercayaan dirinya semakin memuncah dan akhirnya Ia membentuk band dengan formasi hip hop ketika duduk di bangku SMA pada tahun 1987. Iwa K dan bandnya mulai tampil dari satu panggung ke panggung lain. Pada saat itu, belum banyak formasi band yang membawakan musik hip hop karena musik pop sedang sangat digandrungi.

Iwa K terus melebarkan sayapnya di dunia musik dengan berbagai cara, sampai akhirnya pria kelahiran Bandung 25 Oktober 1970 mulai terjun ke industri musik Indonesia melalui album Kuingin Kembali pada tahun 1993. Namun kesuksesan tak langsung menghampiri Iwa K, di tahun berikutnya pada 1994 Iwa K sukses menjadi candu bagi generasi anak nongkrong 90-an dengan album keduanya yang bertajuk Topeng.

Album Topeng memiliki sejumlah judul hits, seperti Bebas, Topeng, Biarkan, Tikus Got, dan Sabda Alam. Bahkan lagu Bebas didaulat menjadi salah satu dari 150 lagu Indonesia terbaik sepanjang masa oleh majalah Rolling Stone Indonesia.

Kini, di usia karier yang sudah matang, Iwa K tampak siap untuk kembali berkarya dan masih sanggup ngerap membawakan karyanya yang akan selalu ditunggu oleh penggemar hip hop di Indonesia. Perjalanan panjang yang membawanya sampai kepada posisi sekarang membuat Iwa K menjadi ikon rap Indonesia, sampai saat ini belum ada yang mampu menggantikan posisi Iwa K sebagai ikon rap Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here